1 Apr 2011

KEAJAIBAN WARNA









Pernahkah kita membayangkan apa jadinya nya hidup didunia yang gelap gulita, sebuah tempat yang tanpa warna, semuanya hanya hitam dan kabur, hal ini pasti sangat menyiksa kita. Namun kenyataannnya dunia sungguh berwarna, dihiasi dengan warna-warni yang membuat hidup kita menjadi bermakna.
Kesempurnaan allah dalam menciptakan warna, segala sesuatu didunia ini diciptakan dengan selaras, hutan yang hijau, air danau yang biru, gunung yang menjulang tinggi, bunga-bunga yang berwarna-warni nan indah, dan lautan yang tak bertepi menunjukan mahakarya allah yang tak tertandingi.

Salah satu syarat terbentuknya warna adalah adanya sinar atau cahaya , dan sinar  yang sampai ke bumi adalah matahari, matahari adalah sumber kehidupan kita didunia, bayangkan saja jika hujan sepanjang waktu dan matahari tidak muncul , dalam al-Qur'an allah mengajakkan kita memperhatikan matahari dan sinarnya: "Demi matahari dan cahayanya di pagi hari" (asy-syam 1). Ketika mengamati sinar  matahari kita pahami  segala sesuatu diciptakan di dunia ini begitu selaras sebagai sumber kehidupan manusia. Begitu pula ketika kita memandangi bintang di langit dengan kerlipan cahaya yang indah, dan sinar bulan yang begitu terang.


Dialah Allah yang telah menciptakan segala warna didunia ini dan menempatkan kita didunia yang penuh warna, dalam al-qur'an allah berfirman: " tidakkah kamu melihat bahwasanya allah  menurunkan  hujan dari langit lalu kami hasilkan dari hujan itu buah-buahan yang beraneka ragam jenisnya dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (alfathir: 27-28).



Cahaya sebuah karunia yang memunculkan warna bagi kehidupan kita, tidak sekedar penting bagi kehidupan manusia saja, disisi lain warna juga sangat penting bagi makhluk hidup lainnya seperti burung mentari untuk mencari makan, bagi beberapa binatang lainnya warna adalah bentuk penyamaran dari musuh-musuh yang mengintai mereka, terkadang warna mereka dengan tempat lingkungan mereka hidup, burung kutub memakai warna putih salju ketika musim dingin datang, namun ketika musim semi datang warna berubah menyerupai pepohonan dan dedaunan. Seekor zebra mengunakan corak garis-garisnya untuk mengelabui musuh,setiap zebra mempunyai corak garis yang berbeda mereka berdiri bersama untuk mengelabui musuh yang akan menyerangnya. Seekor kupu-kupu membuka lebar-lebar sayapnya menyerupai bulatan mata burung hantu untuk melindungi diri dari musuh. Semuanya ini adalah bukti adanya siasat untuk melindungi diri dari musuh.



Allah memperlihatkan lagi mahakaryanya pada pencipataan kupu-kupu yang berwarna-warni, sebenarnya sayap kupu-kupu tembus pandang, sayap tembus pandang ini diseliputi oleh sisik dengan aneka ketebalan, sebagian sisip kecil yang tersusun dalam barisan diatas sayap menguraikan cahaya menjadi warna-warni pelangi, sebagian sisip lain memantulkan warna warni tertentu. Ribuan sisip ini tersusun berdasarkan pola tertentu. Pada sejumlah sayap kupu-kupu terdapat bulatan bulatan yang terbentuk dari sisik yang berguna untuk mengatur panas, seeekor kupu-kupu yang perlu menghangatkan tubuhnya, membuka dan menutup sayapnya agar sinar matahari dapat menerpa bulatan-bulatan tersebut, dengan cara ini ia dapat memperoleh panas yang ia perlukan agar mampu terbang.  Inilah tehnik sebaiknya-baiknya memanfaatkan cahaya.




Kemudian lihatlah bagaimana indahnya warna burung merak, merak adalah salah satu burung berwarna,  merak membuka ekornya yang elok seperti kipas, coraknya yang dibuat halus dengan warna yang sangat indah untuk menarik lawan jenisnya. Pendukung teori evolusi yang menyatakan  makhluk hidup muncul dengan tidak sengaja tidak dapat menjelaskan rancangan sehebat ini. Rancangan ekor merak sangatlan rumit, sehingga Charles darwis pencetus teori evolusi berkata; "kini, seluk beluk yang tak begitu penting dari suatu rancangan sering membuat saya tidak nyaman, pemandangan sehelai bulu pada ekor merak setiap kali saya melihat membuat saya muak". Ternyata Darwin tidak nyaman dengan kemegahan ekor merak, semua ini tidak mungkin tersusun dengan megahnya, dialah Allah yang telah merancang maha karya sempurna ini. 



Mari sejenak kita melihat keindahan bawah laut yang di huni berjuta-juta species dengan berbagai macam warna, ikan kalajengking yang cenderung hidup didaerah tropis, sirip yang terdapat pada ikan ini adalah sebagai senjata untuk mengusir musuh , ikan ini mempunyai penampakan warna warni, hal ini senada dengan karang dimana tempat ia tinggal, dan memudahkan baginya untuk bersembunyi dari musuh.


Ketika kita menginjakkan kaki di taman yang dipenuhi berbagai bunga, dengan warna yang berbeda-beda pula, bunga mawar saja bisa jadi berwarna putih, merah ataupun pink, begitu juga warna bunga tulip bisa menjadi berbagai warna, begitu indahnya dunia ini dipenuhi dengan berbagai warna . dan inilah tanda-tanda kekuasaan allah dalam menciptakan keajaiban warna. Walaupun tumbuh dari tanah yang hitam namun dapat menghasilkan bunga dengan berbagai macam warna, buah-buahan dengan berbagai macam rasa dan warna pula. Sayur-sayuran yang beraneka ragam..dan tanda-tanda kekuasaan allah inilah membuat kita selalu mengingatNya.


(Semoga hidup kita juga berwarna, dengan warna hidup terasa begitu bermakna, inilah mahakarya Allah pada keajaiban warna)

16 komentar:

  1. kalau jepretan sendiri pasti lebih indah mbak,. ^_^, hidup ini indah bila aku selalu ada disampingmu huohuoo hahaha ala DEWA :D

    BalasHapus
  2. @mas aul: blom ada cepretan sendiri dah brapa hari cuma dikamar aja...hidup memang indah :)

    BalasHapus
  3. Ini adalah postingan tentang memaknai ciptaan-Nya yang semuanya terkandung makna didalamnya. Kalaupun kita membahasnya mungkin hanya sebagian yang bisa diungkapkan dan selebihnya masih banyak yang tersembunyi dan masih merupakan rahasia-Nya...mari kita tetap bersyukur akan nikmat Nya yang tiada terkira jumlahnya...menjamur laksana riak air di lautan...

    BalasHapus
  4. Setiap masuk ke bloq ini selalu damai aja deh bawaannya, selain musik nya dan tulisannya juga bikin adem

    BalasHapus
  5. @mas helmi: ya btl masih helmi, bersykur dan selalu lebih dekat kepada allah
    @bang iqbal: hehehhe.. makasih atas semngat

    bloofers love uu puull..

    BalasHapus
  6. Mbak meutiaaa...nice post...
    keindahan warna di bumi Allah ini...menceritakan satu makna....bahwa tiap insan memiliki warnanya sendiri2...kita mmiliki keindahan dan keistimewaan yg bbeda...sperti istimewanya langit biru,,,,istimewanya siluet senja...juga naek delman istimewa kududuk di muka......hahaaa ngacooo ahh..^^
    maen ke postingan terbaruku dong mbak...q tunggu yaaa...^^

    BalasHapus
  7. @ salsa: makasih akan segera meluncu hhehe.

    BalasHapus
  8. kalau love uu puull lanjutannya wakwakwakwak mba meutia hahaha

    BalasHapus
  9. jadi setiap love uu pull di akhiri dengan wkwkwkwkwkw ya mas admin??? LOVE UU PULLL WKWKWK..

    BalasHapus
  10. Subhanallah, benar2 beragam ya karakter itu, ibarat warna, aku wana putih dan Kak Meutia warnanya hitam. Ckckckc. Indaaah ketika warna demi warna di gabungkan, seperti Bloofers yang selalu menyuguhkan keragaman yang elok. % jempol untuk Kak Meutia yang telah mewarnaik Blognya dengan gambar2 menarik, aku suka Kak

    BalasHapus
  11. Makin berwarna blognya, kaya judul postingannya, hehe

    BalasHapus
  12. Tia ... adem bener rumah kamu, betah aku disini, lagunya juga ... tapi kenapa ... kamu kesepian ya ... semangat dong

    BalasHapus
  13. Kita seharusnya bersyukur telah diberi penglihatan untuk menikmati indahnya alam ini.

    BalasHapus
  14. alhamdulillah, jadi seger mata memandang

    BalasHapus
  15. Ini namanya warna mewakili perasaan :D

    BalasHapus