3T (Terong Tumis Terasi)

Kemarin sore iseng-iseng ikut ibu ke kebun yang tak jauh dari rumahku, sudah lama tak menjejakkan kaki disana, hanya butuh 10 menit saja aku dan ibu sudah sampai disana, sambil berjalan-jalan aku melihat sekeliling ada pohon rambutan dan cempedak yang sedang berbuah, tiba-tiba mata ku tertuju pada pohon terong, lansung saja aku memetik terong-terong itu, ibu sempat bertanya…

”ya ..emangnya mau dimasak apa terong itu??”, sambil tersenyum aku menjawab ;” hehe besok aku akan memasak terong- terong ini menjadi sesuatu”.

Seperti biasa setiap hari kerjaan ku adalah jadi ibu rumah tangga, masak memasak, nyapu menyapu, beresin rumah, maklum lah masih pengangguran belum ada pekerjaan. Jadilah siang ini aku coba memasak “Terong Tumis Terasi”.

Cara membuatnya mudah dan sobat bisa mencoba nya di dapur masing-masing. Jereng jreng inilah resep tumis terong terasi ala dapur toelip:
Bahan Utama:

  • Terong hijau (dipotong kecil-kecil sesuai selera)
  • Rasa tulus dan cinta

Bumbu-bumbu :

  • Bawang Merah (4siung)
  • Bawang Putih (1siung)
  • Cabai merah (sesuai selera pedas)
  • Tomat (sesuai selera)
  • Terasi udang (secukupnya sesuai selera)
  • Garam (secukupnya)

(semua bumbu-bumbu tersebut diatas dihaluskan )

Cara membuat :

Baca Bismillah dengan niat yang tulus, kemudian panaskan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya, setelah minyak mulai panas, masukkan semua bumbu-bumbu yang telah di haluskan, tunggu kira-kira 2 menit sampai agak mengental dan jangan lupa beri garam secukupnya sesuai selera lidah sobat.

Setelah bumbu agak mengental maka masukan potongan terong kedalam bumbu dan beri sedkit air agar terong dapat matang dengan merata, tunggu sampai 10 menit, hingga benar-benar matang dan mengental. Setelah matang dan mengental tuangkan kedalam piring untuk disajikan.

Dengan niat yang ikhlas dan cara membuatnya juga penuh dengan rasa cinta , insyaallah rasanya juga maknyussss

Untuk sobat-sobat dirumah silahkan mencoba, selain mudah juga simple (ngak pake repot)

33 replies
  1. armae
    armae says:

    Rasa tulus dan cinta belinya di mana tuh Kak?? Hahaha..

    hwidiuww… tumis terong ini salah satu menu favoritkuuu.apalagi kalo dimasaknya rada' pedes-pedes gitu. slururppppp.. *laper eiuyy.. :p*

    Reply
  2. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @ mulki : hahha ayo ke rumah ku, eh posting donk lontong buatan mulki .pngn nyoba.

    @rie : itu masih dari hati ngak dijual rie, wow favorit toh sama seperti ku donk …asal pedes2 maknyuss deh.

    @asep : ayo mari ikut makan….

    Reply
  3. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @rizki : insyaallah sedap, mau nyoba??aku tunggu dirumah yah

    @uchak :makasih atas like this nya..hahha lagi kumat rajin chank, mari makan

    @kka insan : mari devon makan, tak sediain nasi sebakul tapi ke aceh yah,..

    Reply
  4. Hujan Januari
    Hujan Januari says:

    wuihh.. terbit liurku membaca resepnya…:) kurasa ini bisa jadi "new style" dlm menulis resep. Seperti halnya pekerjaan lainnya, memasak memang harus penuh cinta, agar hasilnya pun tak hanya sempurna, tapi juga menggugah selera.

    ngomong2 soal terong, aku sukanya terong ungu nih.. mau digoreng, dikukus, dibalado, wuihh,, tapi ngga boleh banyak2. bahayya,, *pdhl pengeeeen* >,<

    Reply
  5. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @kampung krya : wah udah kenyang…hehe makasih sudah berkunjung..gimana ujiannya teman ??

    @liza : saya juga suka terong yg ungu,,iya masaknya penuh cinta biar hasilnya maknyuss

    @bunda nufus : besok masak terong yah bun..sun sayang buat anas dan azzam…

    Reply
  6. nicamperenique
    nicamperenique says:

    sayuran terong memang favoritku, mo yg ungu ato ijo, sama aja 😀
    tapi tentu beda2 ya cara masaknya, klo terong ijo itu biasa juga kami campurkan dengan gulai ikan mas 😀
    kalau tumis2, yg biasanya sih ditumis pake tauco dan udang, pake cabe ijo kriting, wew manteb dah pedesnya.
    nanti mo jajal rasa 3T ini, apakah penampakannya akan seperti di atas? Soal rasa, tentu tidak tau, wong blom icipin masakan ini jeh hehehehe

    Reply
  7. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @ mbak maya : hehe insyaallah enak, bikin nya peunuh rasa cinta..trima kasih udah mau berkunjung.

    @dik L : ayuk mari makan dik hehe

    @nicam : hehe kadang juga di tumis pake tauco juga kok, sekali2 ganti style ..silahkan di coba moga rasanya maknyuss nya.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *