Resep Gulee Pliek

Resep gilee pliek

Dari namanya saja kedengaran aneh untuk yang belum pernah mencoba masakan aceh. Bagi yang berdomisili di luar aceh mungkin pernah berkunjung ke rumah makan khas aceh dan mencicipi masakan ini, memang aceh terkenal dengan mie aceh atau kopinya. Namun masakan ini juga khas yang perlu sobat coba saat menjejakkan kaki di rumah makan aceh.  Gulee  Pliek begitu namanya  masakan yang satu terdiri dari beberapa macam sayuran, namun bumbu utama dari masakan ini adalah pliek u .

Apa Itu Pliek U

Pliek-u adalah sisa atau ampas kopra (kelapa) yang minyaknya sudah diperas secara tradisional menggunakan dua bilah papan yang dipress dengan baut besar. Masyarakat di pedesaan Aceh, sampai kini masih banyak yang mengolah kelapa secara tradisional untuk menghasilkan minyak goreng yang disebut dengan “minyeuk reutik.” Ampasnya tidak dibuang, tetapi dijemur kembali sehingga menjadi pliek-u yang berwarna hitam dan mengeluarkan aroma khas.

Nah kebetulan hari ini saya memasak gulee pliek .  Selain ingin memperkenalkan masakan khas aceh, saya juga ingin berbagi  resep kuah pliek  ala dapur saya. Untuk kamu  khususnya perempuan  yang akan  berjodoh dengan pria aceh bisa mempraktekkan masakan ini di dapur masing-masing. Yuk mari  kita lihat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, masaknya ngak ribet asalkan semua bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia.

Bahan-Bahan Utama

  • Daun melinjo (dipotong kecil-kecil)
  • Buah melinjo
  • Nangka muda (potong kecil-kecil)
  • Kacang panjang (potong kecil-kecil)
  • Terong hijau (potong kecil-kecil)
  • Kacang tanah 100gr (boleh lebih)
  • Udang 100gr (boleh lebih)
  • 3 batang serai (memarkan ujungnya)
  • 1 ons cabai hijau (iris iris kasar, kalau selera pedas silahkan ditambah lagi)
  • 20 lembar daun jeruk (iris tipis-tipis), bisa ditambah tergantung selera.
  • 5 siung bawang merah (iris tipis-tipis)
  • 6 gelas santan

Bumbu Halus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ ruas jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ ruas kunyit
  • 200 gram pliek u (terlebih dahulu direndam sebentar dengan air panas)
  • 6 cabai merah kering
  • 10 cabe rawit

Cara Memasak


Rebus nangka muda, kacang pajang, terong hijau, melinjo beserta daunnya kira-kira 5 menit, kemudian setelah itu angkat dan tiriskan.Kemudian masukan bumbu-bumbu yang telah di haluskan beserta irisan cabai hijau, daun jeruk, bawang merah kedalam sayuran-sayuran tersebut, lalu masukan serai yang telah di memarkan. Beri garam secukupnya, jangan lupa terakhir masukkan santan, aduk rata agar bumbu meresap kemudian nyalakan kompor dan masaklah sekitar 20 menit sampai mantang.

Nah kalau sudah matang, angkat dan sajikan kedalam piring. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi panas dan ikan asin goreng. Cukup mudah dan praktis bukan ?

 

51 replies
  1. Rohis Facebook
    Rohis Facebook says:

    ampas kelapa diolah jdi masakan..,unik juga ni kelihatanx.., mgkn akan terasa lebih enak klo semua bumbu diulek dlu lalu ditumis smpe tercium bau haram.., lalu br dimasukkan sayur2x.., *smile

    Reply
  2. armae
    armae says:

    Hwiii.. gambar yang terakhir menggugah selera.
    Kak Tia dari kemarin bahas makanan terus niii.. bikin makin laperrr. hehehe

    eh eh, tanya. itu kok pliek-u nya jadi bumbu kak? gak masuk bahan utama ya??

    Reply
  3. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @kang asep : hehe enak bagi yg suka tapi monggo dicoba dulu kali pas di lidah nya tuh..

    @uty : hahaha harus bisa masak dunk kan calon ibu, sadarkah kita bahwa ibu itu koki yg paling handal di dunia hehe.

    @syiifa : hehe salah baca bisa jadi pilek dek ….

    Reply
  4. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @rohis : iya unik mas, bumbunya emang semua di haluskan semua, udah begitu cara masaknya mas, walaupun ndak di tumis tetap harum baunya kok..ckckkc

    @rie : wkwkkww saya juga ngiler sama makanan di resto mini itu lo, lbh cocoknya masuk bumbu karna pliek itu harus di blender beserta dengan bumbu2 yg lainnya…

    @ra kun: iya masakan tradisional meamng unik mas, makanya harus kita lestarikan hehe

    Reply
  5. Nick Salsabiila
    Nick Salsabiila says:

    wkwkwk…aku malah udah kesulitan ngeja namanya…gimana mau ngebikin masakannya…? pasti makin kesulitan..hahahaa…#ngeles
    serius mb..td sekilas pas liat, itu apa…ada gule pilek kah? hahaha…tapi kayaknya enak mb…^_^

    Reply
  6. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @risa : kalau di aceh banyak sih di jual..hehe kalau luar aceh ndak tau apa ada

    @mas helmy : hahaha sama kayak si syifaa salah baca salah arti..enak kok mas kalau memang doyan sih

    @nick : lagi2 deh salah baca yah..iya insyaallah enak bagi yg suka ckckkckc ntar aku masakin deh buat kamu nick

    Reply
  7. Sam
    Sam says:

    wahahahhahaha…. jadi terisi kuliner giniiii nih blognya… tapi bagus juga idenya… kalo ga ada ide mentokk.. tinggal posting yang gini-ginian….hahahhah

    Reply
  8. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @choirunnagin :waalaikumsalam wah ada wong kito galoh berkunjung, boleh donk saya juga mau coba ikan asin rebus nya ..hehe ayuk mari makan…haha jgn salah baca yah kalau salh bisa jadi pilek hehe

    @yourha : iya nanti bisa nyoba yg ini, mie aceh lebih terkenal yah daripada masakan ini

    Reply
  9. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @mbak nurmayanti : hehe ayuk mba mari makan…hehe.

    @kak sam : hahha sebenarnya banyak resep yg mau aku psting, tapi ngak jadi ntar malah jadi blog of food ..ini mah untuk ngisi label kuliner aja hahha..yeee ini juga butuh eksperimen dulu kak sam butuh ide juga ckckckkc

    Reply
  10. Gaphe
    Gaphe says:

    meskipun kayaknya bentuk awalnya nggak meyakinkan tapi kalo dah dibumbuin dan dimasak jadi enak yaa keliatannya.

    saya belom pernah makan ini.. kapan-kapan kalo nemu kudu nyoba deh

    Reply
  11. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @dhenok habibie sekilas memang kliatan seperti sayur lodeh tapi kalau liat asli nya rasa nya tentu sangat berbeda…hehe ternyata blm ada yah rumah makan aceh disitu,ntar saya buka deh disitu

    Reply
  12. meutia rahmah
    meutia rahmah says:

    @Mugniariya bun masing2 daerah pasti punya khas sendiri..tapi masakan aceh memang banyak pake rempah sih,masakan kari kamding atau sapi orang jaman dulu memakai biji ganja agar dagingnya cepat empuk 🙂

    Reply
  13. Mugniar
    Mugniar says:

    Ooh .. untuk mengempukkan toh. Soalnya pernah dengar, katanya dijadikan bumbu…
    Asyik juga punya kawan2 blogger dari berbagai daerah ya, bisa nanya langsung begini ^__^

    Reply
  14. muly ariyanti ginting
    muly ariyanti ginting says:

    emang bener lezat rasa sayur plik u,,,semenjak saya tinggal di aceh…saya juga sering mengkonsumsinya…..sampai saya ketagihan.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *