Sunset di Jabal Aulia

Lagi ubek-ubel folder terus nemu foto sunset di Jabal Aulia, Viewnya helwah suka banget dan menurut cerita menjelang sore tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar Khartoum. Cerita tentang Jabal Aulia pernah saya ceritakan di postingan ini, walaupun sebagian orang mengenal negara ini dengan konfliknya namun disisi lain banyak view indah yang tersembunyi dibaliknya, termasuk tempat bertemunya dua Nil yaitu Nil Abyad dan Nil Azraq, kalau masih penasaran juga bisa tanya mbah google:)

Lah nil kan terkenal di Mesir, emank betul tapi nyatanya Nil mengalir sampai ke negara ini. dan Jabal Aulia merupakan salah satu tempat dimana Nil mengalir. Ini fotonya saat musim dingin, kebetulan bertepatan dengan libur kuliah makanya saya bisa jalan-jalan ke tempat ini:), menikmati sunset di atas jembatan rasanya helwah syadiid :).

dsc02159 p1010544

Kata Orang Gersang tapi tetap aja ngangenin dan view kotanya saat malam itu indah , dimana-mana negara Timur Tengah itu keadaan alamnya itu gurun pasir, tapi kalau ngeliat view beberapa negara tempat saya pernah transit, saat pesawat landing kok ya indah banget banget.

Walaupun dominannya di sudan itu gurun pasir ini tapi  buakn berarti tidak ada pemandangan hijau, ada beberapa wilayah di luar Khartoum yang menjadi lumbung pertanian. Di wilayah-wilayah tersebut langsung lahan pertaniannya langsung dialiri dari sungai Nil, sehingga pemandangan hijau dengan banyak perpohonan bukan hal yang mustahil

Contoh hasil pertanian yang dihasilkan di wilayah-wilayaj dekat Nil itu seperti, sayur-sayuran, buah-buahan hingga padi. Kenapa ada padi? penduduk di negara ini kadang-kadang juga makan nasi, walaupun makanan utamanya itu Isy roti dari gandum. Jadi ngak perlu cemas kita dengan mudah dapat menemukan toko-toko makanan yang menjual beras di pasar.

Cukup menarik cerita tentang negara ini, dan yang paling penting Sudan tidak kalah indahnya dari Mesir lho.

Postingan dari cerita sunset kok jadi malah larinya ke lain yah, tak apalah yang penting semangat mosting dan selamat menikmati foto-foto hasil cepretan tukang foto abal-abal 🙂

14 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *