Mencintai Profesi

Mencintai, sebuah rasa untuk menghadirkan suka ataupun senang. Kali ini saya tidak membahas tentang mencintai seseorang, namun mencintai profesi yang sedang saya jalani. Keseharian dihadapkan dengan rutinitas padat, kegiatan dari profesi yang menjadi pilihan saya, bukan sekedar melepas tanggung jawab, namun lebih dari itu untuk menghadirkan rasa yaitu cinta.

Pernah merasa penat, tentu saja pernah dan hal ini manusiawi sekali, siapapun sesekali merasakan jenuh dan penat dalam menjalankan aktifitas yang itu-itu saja. Tapi dibalik rasa penat itu ada amanah yang harus diselesaikan, bukan hanya sebatas mengerjakan lalu mendapatkan materi yang diinginkan, namun saat terselip rasa mencintai menjadikan amanah itu ringan.

Mencintai menjadikan langkah itu ringan, tak ada beban yang mengganjal. Jika sebuah profesi sudah menjadi pilihan maka jalani dengan sepenuh hati, layaknya seperti mencintai seseorang, apapun akan diberikan kepada orang yang dicintai, walaupun terkadang hal itu berat dan akan menjadi ringan atas nama “Cinta”.

Bukan hanya masalah penat dalam menjalani aktifitas, sabar juga harus diperbanyak dalam mencintai profesi. Mengeluh, manusia diciptakan dengan berkeluh kesah, menjaga lisan agar tak terucap keluh sekaligus menjaga hati untuk tidak terbesit rasa “aku tak kuat”. Mencintai bukan hanya tidak mengeluh tapi menjalankannya dengan penuh sabar, tetap memberi senyuman.

Karena aku telah memilih maka “Mencintai” adalah rasa yang tepat, semoga amanah ini bisa berjalan dengan baik, bahagia rasanya bisa melihat senyuman dari wajah-wajah anak didik dengan ilmu yang mereka dapatkan. Dan ini takkan berhenti sampai di sini, perjalanan masih panjang mencerdaskan anak bangsa, semoga Allah menguatkan langkah dan meluaskan kesabaran yang tak berbatas, ilmu akan bermanfaat jika bisa dibagikan kepada orang lain.

Apapun profesi sahabat diluar sana, hadirkan rasa cinta sekaligus sabar untuk mengikatnya.

Aceh, di balik tumpukan tugas mahasiswa dan skripsi yang belum tersentuh

10 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *