Souvenir Aceh (Wisata Belanja yang Menggoda)

Siapa yang ngak suka jalan-jalan, apalagi mendatangi satu daerah yang terdapat banyak tempat-tempat wisata yang menarik, pasti donk semua suka. Nah,berwisata bukan hanya menikmati pemandangan alamnya yang indah, atau sekedar mencicipi kuliner khasnya saja.

Ada satu hal wajib lainnya yang harus dipenuhi ,apalagi kalau bukan shopping alias berwisata belanja, memburu souvenir sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman, sahabat tercinta.

Sekarang mari sejenak menuju Banda Aceh ibukota propinsi Aceh, ketika menyebut Aceh identik akan syariat islam dan bencana tsunami yang menerjang tahun 2004 silam. Nah, jika berkunjung ke Banda Aceh nih, kira-kira tempat wisata belanja untuk oleh-oleh nanti dimana ya?, dan apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman dan sahabat?.

Hmm, pertanyaan itu yang sering ditanyakan teman-teman yang akan berkunjung ke Banda Aceh kepada saya. Tak perlu cemas dan khawatir, di Banda Aceh sendiri banyak tempat wisata belanja yang bisa sobat datangi, insyaallah semuanya mudah dan terjangkau, dan sobat bisa happy shopping memilih souvenir yang akan dijadikan oleh-oleh.

Bentuk souvenir apa yang bisa dijadikan oleh-oleh, saya akan mengulasnya untuk sobat yang akan berkunjung ke Banda Aceh? Kerajinan Khas Aceh, seperti tas, dompet, tempat tisu yang di design motif aceh dengan mudah kita temukan di toko-toko souvenir di sekitar kota Banda Aceh.

product-pede-1 product-pede-2

Tas di design dalam bentuk dan ukuran yang bermacam-macam dan harganya pun terjangkau, souvenir ini dijual mulai sepuluh ribu hingga ratusan ribu, jadi bisa disesuaikan dengan isi kantong sobat. Nah, selain kerajinan tas, dompet.

Kira-kira apa lagi yang bisa ditemukan di toko souvenir dan oleh-oleh Aceh? Sobat bisa membeli bros yang berbentuk rencong ataupun pintu Aceh, harganya pun bervariasi mulai yang termurah hingga yang mahal.

Berikut ini tempat-tempat yang menjual souvenir Aceh, untuk menuju ke tempat tersebut sobat tidak perlu khawatir, karena banyak tranportasi yang bisa digunakan diantaranya bentor alias becak motor, atau labi-labi (angkot) sesuai dengan rute tempat souvenir.

Beberapa toko souvenir ini terletak di pusat kota Banda aceh, tepatnya di seputaran masjid raya Baiturrahman. Jadi saat sobat berwisata religi sekaligus bisa berwisata belanja di toko souvenir dengan mudah.

Alamat toko Souvenir Oleh-oleh di Banda Aceh:

  • Rencong Aceh: Jln.Muhammad Jam No. 1E Banda Aceh
  • AD Souvenir: Jln. Muhammad Jam No 1B Banda Aceh
  • Putra Aceh: Jln. Muhammad Jam No. 31 Band Aceh
  • Putroe Aceh: Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 67 Banda Aceh
  • Aceh Putra: Jln. Tentara Pelajar No. 137 Merduati – Banda Aceh
  • Pusaka Souvenir: Jln. Cut Mutia No. 10 Banda Aceh
  • Pusaka Souvenir: Jln. Sri Ratu Safiatudin No. 78 Peunayong – Banda Aceh
  • Aceh Souvenir: Jln. Sri Ratu Safiatudin No. 70 Peunayong – Banda Aceh
  • Nya’ Ni Souvenir: Jln. Sri Ratu Safiatudin No. 58 Peunayong – Banda Aceh
  • Anita Souvenir: Jln. Sri Ratu Safiatudin No. 24 Peunayong – Banda Aceh
  • Rumah Kerajinan Jaroe: Jln. Sri Ratu Safiatudin, Peunayong – Banda Aceh
  • Muligoe Souvenir: Jln. Sri Ratu Safiatudin, Peunayong – Banda Aceh

Souvenir Aceh bukan hanya berbentuk kerajinan seperti tas, dompet atau bros saja. jika sobat ingin membeli souvenir bentuk lainnya juga ada lho, dan sekarang mari kita berkunjung ke salah satu toko souvenir lainnya yang tak kalah menarik dari toko-toko souvenir lainnya.

Jika sobat ke Banda Aceh wajib mampir di toko souvenir Mr. Piyoh, toko ini terletak di Ulee kareng tepatnya di samping warung kopi legendaris yaitu solong kupi.

Di toko ini apa yang bisa sobat dapatkan, berbeda dengan toko souvenir lainnya, saat sobat masuk ke toko ini maka sobat bisa menemukan souvenir-souvenir dengan design yang menarik, diantaranya kaos bertuliskan “I Love Aceh” tentunya dengan kualitas bahan yang bagus, kemudian boneka (agam inong), pin, stiker lucu serta gantungan kunci bertemakan Aceh.

Masalah harga insyaallah lagi-lagi terjangkau…

Dengan design yang unik pastinya sobat akan tertarik membawa souvenir ini sebagai oleh-oleh. Dari hasil design yang unik ini, siapa sih pemilik toko ini?, Hijrah Saputra adalah pemilik Mr.Piyoh ia salah satu putra Aceh yang sangat kreatif dan inovatif menjadi wira usaha muda mandiri kreatif alumni 2013. Sekaligus berbelanja mungkin sobat bisa langsung bertemu pemilik Mr.piyoh ini, atau kalau sobat mau silaturrahmi lewat dunia maya silahkan melipir ke blognya Hijrah di www.hijrahheiji.blogspot.com

Nah, setelah puas berbelanja di Mr.piyoh, mari singgah di Solong kupi, kedua tempat ini bersebelahan jadi sekali mendayung dua pulau terlewati. Ada apa di Solong kupi?, Banda Aceh juga indentik dengan 1001 warung kopi, banyaknya warung kopi yang bertebaran menjadikan Banda Aceh mendapatkan julukan ini, dan Aceh pun menjadi tempat penghasil kopi terbaik di dunia. Selain bisa ngopi-ngopi cantik di Solong kopi juga menjual bubuk kopi yang bisa sobat jadikan oleh-oleh, bubuk kopi dijual dengan isi yang bervariasi mulai isi 1 kg, 1/2 kg dengan harga yang terjangkau pula dengan kantong sobat.

Inilah beberapa tempat belanja yang bisa menjadi referensi sobat saat akan berkunjung ke Banda Aceh, pasti penasaran kan?, ayo jalan-jalan dan nikmati berbagai wisata yang ada di Banda Aceh, tentunya juga berbelanja souvenir Aceh untuk dijadikan oleh-oleh Khas dari tanah rencong.

21 replies
  1. Armae
    Armae says:

    waaaahh,. aku mau dompetnya, souvenirnya, sama kopi acehnyaaaaa… 😀
    pengen pengen pengeeen kesanaaa… mau donk Teh. Bikin GA donk Teh, ntar hadiahnya ituuu.. hehehe *maunya :))

    Reply
  2. fanny fristhika nila
    fanny fristhika nila says:

    tinggal di aceh 18 thn, walopun bukan org sana, sempet kuliah bntr aja di Banda aceh seblum akhirnya pindah negara, dan kemudian aceh kena tsunami.. ampe skr, blm prnh tau lg kondisi aceh seperti apa.. kgn bgt sih sbnrnya, tp suami msh blm mau kesana krn kdg2 suka baca berita ttg penembakan misterius gitu -__-.. dia emg terlalu kuatir masalah GAM dulu mba..pdhl aku aja yg prnh ngerasain tinggal saat masa2 GAM, masih ttp mau balik ke aceh

    Reply
    • caca
      caca says:

      aceh sudah bangkit mba.. apalagi pasca tsunami, semua bangkit dengan semanga lebih membara untuk membangun aceh kembali.. tidak hanya manusianya, alam nya juga ingin tampil segar kembali.. bias dilihat pesona alam nya aceh..

      Reply
    • caca
      caca says:

      aceh sudah bangkit mba.. pasca tsunami tidak hanya manusianya, alamnya pun bangkit dengan segala pembaharuan.. bias dilihat pesona alam nya mba.. sebagai destinasi wisata halal silahkan berkunjung ke aceh kembali mba..

      Reply
  3. Wahyu Joko Samudro
    Wahyu Joko Samudro says:

    Saya semakin banyak informasi jadi semakin bingung..Hehe..
    Kebetulan saya sedang mencari informasi untuk Souvenir pada pagelaran PIONIR Nasional antar PTKIN seIndonesia di UIN ArRaniry Aceh.
    Kesimpulannya berarti
    1. Kopi Gayo Aceh
    2. Sarung/kain khas Aceh
    3. Makanan Khas Aceh
    ..
    Apakah itu bisa didapat di tempat yang mbak rekomendasi tadi?

    Reply
    • Meutia Rahmah
      Meutia Rahmah says:

      iya mas biasanya di toko souvenir menjual kerajinan aceh mulai dari rencong, bros, tas, makanan, kopi hingga songket. Toko2 souvernir itu letaknya strategis kok di pusat kota, beberapa toko letaknya berdekatan dengan masjid raya baiturrahman. owh i see pionir event tahunan ptkin seindonesia, kampus tempat saya mengajar juga ikut serta. semoga nanti bisa jalan2 menikmati pesona aceh ya.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *