Setelah Tigabelas Tahun

Assalamualaikum…. Tigabelas tahun setelah 2002, bukan waktu yang singkat untuk bisa bertemu lagi. Setiap kita punya kisah  dimana  waktu yang  pernah kita lalui menyimpan cerita tentang suka dan duka, ada tawa bahkan tangis. Ya, tigabelas tahun bukan waktu yang singkat, seperti kita menghitung angka 1 sampai 10, dan bukan mudah dalam hitungan tigabelas tahun mengumpulkan kalian yang berserakan disetiap penjuru.

Ya, kalian yang di sana dan di sana, terkadang waktu tiga belas tahun belum cukup menjadikan kita matang dalam berpikir, bertindak dan berkata, tak selamanya waktu bisa mendewasakan kita, dan tidak selamanya kita menjadi dewasa seiring berjalannya waktu serta bertambahnya usia, tapi  kedewasaan itu terus berproses.

Bagaimana rasanya bertemu setelah tigabelas tahun?. Ya, seperti mengulang kisah saat-saat kita belajar di tempat yang sama, mengenang masa-masa bahagia dan juga sedih. Aku menyebut ini seperti menjalin tali yang hampir putus tergilas ruang dan waktu, dengan sedikit meluangkan waktu kalian  telah berusaha menyambungnya kembali. Walaupun tak seberapa yang hadir namun rasanya sudah cukup mewakili yang lainnya.

Meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi  perlu, tigabelas tahun bukan waktu yang singkat, banyak yang sudah berubah, begitu banyak cerita yang terlewatkan dari sahabat-sahabat kita. Entah itu cerita tentang suka ataupun duka. Ya, karena kita perlu tau keadaan sahabat kita yang lainnya, tak selamanya kehidupan ini selalu menyuguhkan kebahagiaan, mungkin  juga ada sahabat kita yang sedang melewati kehidupannnya yang susah.

12022355_1048703098476304_5797165678773464244_o

Silaturrahmi adalah cara belajar untuk kita untuk peka satu sama lain, bukan tentang kumpul-kumpul atau sekedar makan-makan sambil bercerita serta tertawa bebas, bukan masalah angka 50  ribu ataupun 150 ribu ,tapi silaturrahmi  juga saling berbagi dan ada ruang untuk saling kompromi bukan mengkompori.

Ya, semoga tigabelas tahun cukup mendewasakan kita dalam berbagai hal, baik dalam perbuatan dan perkataan, semoga saja pada lain waktu kalian bisa meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi.

Untuk memulai suatu hal kita tidak perlu menunggu sampai menjadi sempurna, sedikit ataupun banyak intinya adalah kebersamaan, terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya dan semoga pada pertemuan selanjutnya sahabat-sahabat yang lainnya juga punya waktu luang untuk bersilaturrahmi.

11863321_10205126005889071_4376419873681928705_n

6 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *