Dua Jam di Borobudur

Cerita ini hampir dua bulan yang lalu saat saya berkunjung ke Jogjakarta, ya rasanya seperti mimpi bisa menjejakkan kaki di sana. Liburan sudah jauh-jauh hari direncana, bahkan dari tahun lalu saya dan teman-teman mulai menabung untuk biaya liburan kami, rencana awalnya pingin jalan ke Malaysia, Singapura dan Thailand karena tiga tersebut belum pernah kami kunjungi.

lagi di borobudurJadilah saya memperpanjang paspor yang sudah Expired, sedangkan teman-teman yang lain harus membuat paspor baru. Pertengahan tahun bertepatan dengan libur semester di kampus, walaupun perkuliahan libur namun kami sebagai dosen tetap wajib masuk, masih ada pekerjaan yang lainnya ya salah satunya bimbingan skripsi untuk mahasiswa, selama libur ngajar sempat browsing tiket juga, tapi tetap aja mahal ya tiketnya mungkin karena bertepatan dengan liburan.

Setelah satu minggu browsing tiket memang belum menemukan yang cocok, dan rencana liburan kami sejenak terlupakan.

Juni, tiba-tiba niat liburan itu kembali muncul akhirnya sepakat setelah idul fitri kami berangkat, lagi-lagi rajin searching tiket dan sibuk menghubungi salah satu teman yang ada di Jogja berharap rencana liburan kali ini tidak gagal lagi. Searching tiket nanya ke teman-teman katanya kemahalan, lah kita kapan liburan kalau nunggu tiket yang murah kecuali pas promo.

Sekian lama searching tidak menemukan titik temu juga, akhirnya saya berharap semoga lolos penelitian ke Jakarta plus bisa jalan-jalan, tak lama di awal agustus pengumuman pun keluar dan kami lolos dan artinya kami bisa berangkat plus liburan juga kali ya.

Akhirnya Rabu 12 Agustus kami menginjakkan kaki di Ibukota, kemudian langsung menuju Bogor setelah tiga hari menghabiskan waktu di Bogor dengan urusan presentasi proposal penelitian masih ada sisa beberapa hari bertepatan dengan long weekend 15, 16 dan 17 Agustus.

berpose di borobudur

Sabtu malam saya dan teman-teman berangkat menuju Jogja, walaupun tidak satu mobil karena Jumat sebelumnya saya wajib ketemu seseorang :).

Minggu Pagi kami sudah di Jogja, bahagia rasanya akhirnya bisa sampai ke jogja membayangkan bisa ketemu diajeng Jogja salah satu sahabat yang aku kenal lewat blog juga, setelah sampai di penginapan istirahat sejenak, makan siang trus mulai jalan-jalan lagi.

Hey rasanya tidak lengkap ya kalau sudah ke Jogja itu tidak berkunjung ke Borobudur wajib donk, kalau ke Borobudur memang sudah masuk list yang wajib saya datangi plus foto-foto di sana, sebagai bukti saya sudah pernah ke sana.

Senin pagi setelah puas jalan-jalan di Malioboro, Prambanan akhirnya bisa meluncur ke Borobudur, yey senang walaupun ada salah satu teman tidak ikut karena sebelumnya dia sudah pernah ke Borobudur dan memilih beristrahat di penginapan, pagi-pagi sempat makan soto dulu tapi saya lupa nama warung sotonya apa, setelah itu lanjut perjalanan ke Borobudur.

Tepat pukul 10 kami sampaikan di Borobudur, dari kejauhan sudah terlihat candi yang berdiri megah, ditemani teman yang sudah lama di Jogja kami bersiap-siap jalan kaki menuju candi.

Kami pun sudah siap sedia dengan bekal air minum, ya pastilah kalau lelah jalan kaki bisa ngadem dulu terus minum, walaupun masih pukul 10 cuacanya sudah mulai panas, tiba-tiba ibu-ibu yang berjualan topi berlarian mendekati kami menawarkan dagangannya, apa salahnya saya dan teman membeli toh akan melindungi kami dari terik matahari, setelah mendapatkan harga yang pas akhirnya kami bergerak menuju candi.

Wah, menyenangkan walaupun kelelahan berjalan namun saya menikmatinya, sambil berjalan berhenti sejenak terus sambil foto-foto. Owh ya tidak lupa memakai kain yang mirip sarung itu, akhirnya sampai juga di candi lumayan juga menapaki anak tangganya, apalagi pas naik pegel juga kaki, tapi tetap happy dan menikmati pemandangan dari atas candi.

joy of happiness di borobudur

Tiba di atas matahari makin terik saja dan pengunjung makin ramai, memang saya tidak bisa berlama-lama di sini karena pukul 12 siang saya harus kembali ke penginapan dan melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata lainnya.

Lebih kurang dua Jam di borobudur namun menyenangkan, akhirnya bisa melihat salah satu keajaiban dunia ini dari dekat, semoga lain kali mengunjungi Jogja bisa lebih lama lagi.