Persiapan di Musim Hujan

Walaupun belum merata diseluruh daerah, akhirnya langit sudah mau menurunkan berkahnya melalui bermiliar-miliar tetesan air yang selama ini ditunggu-tunggu. Memang seharusnya musim hujan muncul di awal September, tapi apa boleh buat dampak dari pemanasan global membuat iklim tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak bisa dibayangkan jika dalam beberapa minggu kemarin hujan tidak turun, jangankan kebakaran hutan dan lahan gambut yang parah, pepohonan di sekitar saya tinggal pun sudah terlihat meranggas.

Alhamdulillah berkat hujan kebakaran hutan yang tadinya sulit ditanggulangi tersebut akhirnya dapat padam, dan saya beserta jutaan penduduk yang terkena imbas asapnya bisa menghirup udara segar tanpa harus menggunakan masker.

Berbicara tentang musim hujan ada baiknya untuk menyimak beberapa hal yang harus dipersiapkan, karena tanpa persiapan musim hujan yang pada hakikatnya membawa keberkahan dapat berubah menjadi mimpi buruk.

Siapa sih yang ingin melakukan aktifitas sehari-hari dalam keadaan basah kuyup selain ketika mandi dan berenang, nah agar badan terlindungi dari air maka persiapkanlah pakaian dan atribut lainnya yang cocok ketika hendak
berpergian keluar rumah, berikut ini listnya :

Jaket, pilihlah dengan pelindung kepala yang berbahan sintestis dan licin agar tidak menyerap air pada waktu kehujanan, jika curah hujan di daerah kalian cukup besar hindari sweater atau mantel berbulu hehehe karena musim hujan bukan winter seperti yang disebut Mba Syahrini.

Sepatu, ada baiknya memilih yang tahan air atau berjenis boot, apalagi jika kalian terbiasa menggunakan kaos kaki, jika tidak punya maka hindari genangan air, kalaupun terpaksa ada baiknya lepas kaos kaki dan ganti sepatu terlebih dahulu dengan sandal yang mempunyai velcro agar terikat kuat dan tidak lepas ketika melintasi area banjir.

Tas, pilih yang tahan air dan mempunyai kompartemen tertutup untuk melindungi barang bawaan yang penting seperti dompet, gadget dan laptop. Jika ingin lebih yakin terlindungi tidak ada salahnya untuk menggunakan cover tambahan sebagai pelindung. jenis ransel lebih disarankan.

Sedia payung sebelum hujan, oleh karena itu selalu persiapkan payung dalam tas sebelum pergi. Agar dapat dimasukan kedalam tas pilihlah payung yang mungil.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginnkan harap pastikan kelayakan dan alat-alat pendukungnya agar kendaraan dapat selamat walaupun harus menerjang banjir dan selamat sampai tujuan.

Lampu, Untuk keselamatan harap pastikan lampu-lampu berjalan dan berfungsi dengan baik.

Ban, cek ketebalan ban, minimal 1mm sesuai Tread Wear Indicator, pilih ban yang sesuai untuk kondisi jalan yang basah.

Jas hujan,Untuk pengendara motor jas hujan alat adalah pendukung yang wajib dimiliki, Pastikan pilih yang nyaman dan tidak menghalangi penglihatan.

Jika memungkinkan bawalah sparepart yang penting sebagai cadangan, seperti busi dan lampu dan jangan lupa untuk selalu menyimpan alat service ringan dalam bagasi.

Nah kalau semua poin diatas sudah dipersiapkan jangan lupa untuk selalu membawa kendaraan ke bengkel secara rutin untuk di-service agar selalu dalam keadaan terbaik ketika harus menerjang hujan
dan banjir.

Rumah adalah tempat terakhir yang harus dipersiapkan ketika musim hujan turun, pastikan tidak ada genting atau atap yang bocor, perhatikan juga lingkungan.

8 replies
  1. Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita says:

    Di tempat saya di Batam mulai musim hujan meskipun dulu-dulu di tempat kami tidak mengenal musim karena berada di kepulauan. Hujan dan panas datang sesukanya. Di tempat lain kemarau di sini suka hujan deras. Di tempat lain hujan di sini panasnya minta ampuun. Tapi sekarang malah jadi ikut seperti Sumatera dan Jawa jadi ada musimnya juga.

    Reply
  2. April
    April says:

    di Depok pagi siang masih panas
    sore kadang hujan kadang nggak hehe
    tapi enak kyk gini sih, masih bisa ngejemur popok, kalau malamnya hujan bobo anak2 jd nyenyak hehehe

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *