Asam U Sambal Khas Aceh

Assalamualaikum ..Alhamdulillah menjelang akhir tahun, liburan long weekend kemarin bisa sepuasnya berkumpul dengan keluarga terutama melepas rindu dengan ibu. Semenjak setelah liburan Idul Adha Oktober lalu saya belum pernah pulang ke rumah, baru long weekend minggu kemarin merasakan betapa nikmatnya berkumpul dengan keluarga, bisa merasakan lagi masakan ibu yang selalu enakkkkk, biasanya juga sehari-hari saya makan makanan kantin kampus atau warung makan langganan walaupun enak tapi tetap juga kangen masakan ibu.

Akhirnya puas deh makan masakan ibu dengan menu khas Aceh yang bermacam-macam, mulai ikan asam keueng, kuah pliek kalau yang belum tau apa itu kuah pliek bisa baca postingan saya yang ini Gulee Pliek U.

Eh tapi liburan long weekend kemarin ibu sempat membuat sambal kesukaan saya, kalau saya yang buat sendiri pasti rasanya beda sama buatan ibu. Ya, namanya Asam U dalam bahasa aceh kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya sambal kelapa. Wuih jadi ngiler ingat sambal ini kalau dimakan dengan nasi hangat dan ikan asin goreng kering wow kebayang deh maknyusnya.

Dulu saat saya masih di rumah ibu sering membuat sambal ini saat saya sedang tidak selera makan, nah kalau ada sambal kelapa dan ikan asin goreng langsung selera makan mendadak muncul hehe. Asam U sambal khas aceh, kenapa khas ya tentu bumbunya menggunakan asam sunti, yaitu bumbu wajib dalam setiap masakan aceh, kalau ada yang penasaran cara pembuatan asam sunti bisa baca postingan saya yang ini Asam Sunti

Cara membuat Asam U juga praktis dan cepat tanpa harus dimasak dalam sekejap jadi untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan ikan asin.

Bahan-bahannya :

6 buah cabe Rawit (disesuaikan dengan selera pedas)

4 siung bawang merah

5 buah asam sunti

1 batang serai (diiris tipis)

5 lembar daun jeruk.(diiris tipis)

1/2 Kelapa yang sudah diparut.

Caranya :
Cabe rawit, bawang merah serta asam sunti diulek kasar kemudian setelah diulek masukkan parutan kelapa aduk sampai merata dengan bumbu yang sudah diulek kasar, nah terakhir masukkan irisan serai dan daun jeruk jadi deh asam u nya, hehe praktis bukan?, disarankan untuk makan pakai nasi hangat dan ikan asin pasti maknyuss..selamat mencoba.Ayo kalau di daerah kalian ada sambal apa saja nih?

17 replies
  1. harjanti dede
    harjanti dede says:

    Aduh gambarnya menggoda. Saya kira nasi goreng mbak hehe. Saya cuman pernah sekali makan kuliner Aceh, itupun di Jogja (gak tahu rasanya original apa gak) tapi memang bumbunya beda dengan kuliner Jawa. Kalau ditempat saya tinggal sekarang,saya lebih suka bikin sambal sendiri (sambal bawang,terasi,dkk) atau kalau beli yang benar2 rasa Indonesia. Sambal yang di toko2 Asia itu aneh rasanya haha.. Menunya menggoda,sayang gak bisa dapetin asam suntinya. 🙂

    Reply
    • meutia
      meutia says:

      Saya juga pernah makan makanan aceh di jogja ya sepertinya sudah disesuaikan dengan lidah orang2 disana. Asam sunti bisa dibuat sendiri dari blimbing wuluh yang dikeringkan di jakarta ada dijual di supermaket sih.

      Reply
  2. Tita Sri Hartati
    Tita Sri Hartati says:

    Assalamu’alaikum, mba.
    Saya Tita, mahasiswa semester VI Politeknik Negeri Bandung.
    Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir saya, yaitu membuat buku resep masakan khas Banda Aceh dalam bahasa Inggris.
    Apakah boleh apabila saya mencantumkan resep yang mba buat ini?
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *