Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung Pecah di Lidah

Rasa-rasanya ada yang kurang deh kalau singgah ke Bandung tanpa icip-icip makanan yang lagi happening. Nah kalau kamu kebetulan lagi terdampar di kota yang punya julukan Parijs Van Java ini saya mau kasih info bahwa ada martabak enak di Bandung yang wajib dicobain.

ah ngapain jauh-jauh ke Bandung kalo cuma cicip martabak doang, di sini juga banyak kok dan rasanya pasti gitu-gitu aja

Eits tunggu dulu karena yang satu ini ngak sama dengan martabak yang pernah kamu makan, jadi buang jauh-jauh bayangan martabak yang membosankan.

MARTABAK ENAK DI BANDUNG

Siapa sih yang tidak tahu martabak, walaupun kadang sebutannya berbeda-beda dari semua kota yang pernah saya sambangi pasti aja ada yang menjajakan makanan berbentuk bulat ini, begitupun dengan Bandung, kota yang terkenal dengan wisata kulinernya yang kreatif ini terdapat sebuah kedai bernama Martabak Tropica yang secara khusus khusus menyajikan martabak manis.

Di kedai yang berkonsep dapur terbuka ini kamu bisa menikmati berbagai macam martabak manis premium dengan berbagai jenis toping seperti kacang, keju, coklat yang lainnya.

Kalau masalah rasa mah jangan ditanya deh karena adonan dan topingnya menggunakan bahan pilihan dari brand ternama. Setiap adonan yang dibuat tidak diaduk secara manual (menggunakan tangan) melainkan dilakukan secara otomatis dengan mesin mixer khusus, dan hal itulah yang membuat Martabak Tropica teksturnya sangat empuk, lembut dan pasti lebih higienis.

Buat yang berani dan mau merasakan pecah lidah dan sensasi berbeda kamu harus pilih varian Favorit yang jadi andalan mereka. Yang berbeda dari varian ini adalah toping dan adonan yang digunakan dalam pembuatannya, more tasteful and customized than the original.

Varian Favorit

Sulit rasanya buat menolak pesona varian Favorit dari martabak enak di Bandung ini, terang saja dari mulai adonan, penyajian dan topingnya benar-benar dibikin wow bingits, pokoknya bikin mata kepincut cut cut :D.

Kalu gak percaya coba lihat penampakannya berikut ini

martabak-tropica-1

Adonan

Selain adonan original di varian favorit ini ada 4 jenis adonan lainnya yaitu Blacksweet, Red Velvet, Green Tea dan Taro, semuanya akan balik lagi kepada selera masing-masing. Tapi kalau mau lebih kekinian Blacksweet bisa menjadi pilihan yang bagus.

varian-adonan-martabak-tropica

Si Blacksweet ini adalah salah satu adonan yang lagi nge-hits dari varian favorit, warna hitamnya berasal dari charcoal. Bahan alami ini mempunyai khasiat bagus untuk tubuh sebagai detoksifikasi, selain itu aroma dan rasa kopi Blacksweet milik Tropica membuat varian ini lebih bermakna dan nendang di lidah.

Kalau bosan dengan cara penyajian yang gitu-gitu aja kamu boleh pilih dengan cara yang unik seperti tipker (tipis kering) atau pizza dan duo.

penyajian-martabak-tropika

Dalam hal kreatifitas Martabak Tropica boleh dibilang pantas mendapatkan acungan jempol, kalau biasanya martabak manis disajikan secara terlipat lain halnya dengan martabak pizza yang disajikan tanpa dilipat dengan bentuk potongan segitiga layaknya sebuah pizza.

Ada lagi yang namanya Martabak Duo, martabak ini dibuat dari dua macam adonan yang berbeda dalam satu loyang, hmmm sekali order kamu bisa dapetin sensasi plus dari dua rasa yang nge-blend.

Toping

Toping yang tersedia buat varian favorit ini betul-betul super, untuk lebih memastikan kelezatannya toping yang digunakan sengaja dipilih dari berbagai bahan makanan yang branded seperti coklat Chunky Silver Queen, Toblerone, Hersey’s dan Ovomaltine dan masih banyak yang lainnya, eniwey kalo kamu mau ngerasain sekaligus juga bisa kok soalnya disana juga nyediain varian martabak 10 rasa.

hah 10 rasa?

Beneran ini mah gak bohong, hahaha gimana huuebat kan dan menurut saya sih martabak yang 10 rasa ini recomended banget buat rombongan atau orang-orang yang jauh dari luar kota, biar sekali datang bisa ngerasain enaknya martabak di bandung ini, jadi ngak ada kata ribut gara-gara rebutan pilih menu.

martabak-10-rasa

Salah satu menu yang sudah saya rasakan adalah ovo + keju dengan adonan original (oleh-oleh gratis dari temen yang kebetulan semingu yang lalu lagi ada di Bandung hihihi). Ovo keju ini adalah toping yang terdiri dari keju dengan balutan selai coklat ovomaltine.

ovokeju1

Komposisinya pas banget di lidah. Keju dan ovonya nge-mix dengan rasa yang pas tidak berlebihan, kalau kata orang sunda mah tidak ‘giung’ dan ngak banjir sama mentega. Hal yang lain yang saya acungi jempol adalah walaupun harus menempuh waktu hampir seharian (Bandung-Medan) martabaknya tetep empuk, 5 bintang buat sang chef yang pinter banget bikin adonannya.

…rasanya pas banget ga kurang dan gak berlebihan

Toping Baru Martabak Cakalang Pampis

Di awal tahun atau tepatnya di bulan Januari kemarin kedai Martabak paling top di Bandung ini disambangi Pak Bondan Winarno, tau dong siapa beliau. Jurnalis kuliner yang terkenal dengan jargon ‘maknyus’-nya itu sengaja menyempatkan diri untuk kedua kalinya untuk ngetes menu baru yang special yang resepnya dia berikan pada kunjungan sebelumnya.

Resep tersebut bernama Cakalang Pampis, yaitu suwiran ikan cakalang dengan paduan bumbu rempah. Entah apa yang ada di kepala Pak Bondan waktu mengeluarkan ide tersebut, tapi yang pasti idenya berhasil diterapkan sebagai toping martabak manis.

Wuihh saya sih belum bisa membayangkan bagaimana rasanya, sweet mixed with savoury. Sensasi rasa martabak cakalang pasti eksotis di lidah, ah kalau sudah begini jadi gak sabar untuk menginjakan kaki di kota Bandung untuk menikmati menu-menu dari Martabak Tropica.

Gimana penasaran mau nyobain martabak enak di Bandung?, kedainya terletak di tengah kota Bandung jadi mudah dijangkau, tapi incase kamu lagi mager (malas gerak) Martabak Tropica bisa dipesan secara online melalui GoFood nya GoJek.

21 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *