Tips Mudah Merawat Jersey Sepeda

Sepeda adalah jenis kendaraan yang cukup aman digunakan dibandingkan motor maupun mobil, karena selain tak mengandalkan mesin ukurannya kecil dan bobot sangat ringan. Paling-paling cidera parah yang dialami saat terjadi kecelakaan hanyalah luka patah tulang.

Meskipun begitu kamu juga harus mengenali trek ketika sedang mengendarainya. Dalam bersepeda  beberapa orang mungkin lebih senang bergaya santai dengan berkendara di jalanan biasa, tapi buat mereka yang tergabung dalam komunitas lebih suka berkendara di area-area off-road yang lumayan tergolong ekstrim, tentunya itu sangat berbahaya bukan.
Untuk itulah berbagai perlengkapan keselamatan dan kenyamanan berkendara harus dipersiapkan, seperti dengan mengenakan jersey sepeda, bahkan dalam keadaan atau event-event tertentu pengendara sepeda jarak jauh
terkadang harus membawa cadangan jersey untuk kenyamanan mereka.
Pemilihan yang paling tepat adalah menyesuaikan dengan ukuran dan mengenal bahan atau kualitas barang, semakin bagus terkadang tawaran harga juga cukup mahal.
Khusus bagi para bikers tentunya sudah tak bingung bagaimana cara memilihnya secara tepat. Untuk jersey, baju berkendara yang satu ini harus memiliki bentuk yang elastis dan lentur sehingga mempermudah kamu ketika mengayuh, selain itu juga kain atau bahannya harus efektif dalam menyerap keringat sehingga membuat tubuh tetap nyaman meskipun banyak mengeluarkan keringat.

Berikut ini saya akan membagi tips mudah merawat jersey sepeda kamu:

  1. Jersey yang kotor sebaiknya kamu cuci menggunakan tangan saja, hindari memasukkan pada mesin karena bahannya mudah sekali melar kalau terus-terusan diputar dalam mesin cuci.
  2. Pertama kamu bisa menyiapkan air dingin dan masukkan beberapa detergen, rendam jersey yang kotor tersebut ke dalamnya selama beberapa menit.
  3. Perlahan cucilah menggunakan tangan, khususnya pada bagian-bagian kotor kamu harus menggunakan lebih banyak tenaga.
  4. Bilas menggunakan air bersih kemudian siapkan pewangi.
  5. Rendam dengan pewangi selama beberapa saat lalu jemur dengan gantungan baju.
  6. Hindari menjemur langsung pada sinar matahari terik karena berpotensi untuk merusak kainnya.
  7. Untuk menyimpannya kamu bisa menggantungnya dalam lemari yang sebelumnya telah diberi kamper agar tak bau.
  8. Sebaiknya bagi yang ingin menyetrikanya jangan gunakan suhu terlalu tinggi karena dapat membuat semakin melar.
  9. Setelah disimpan kamu bisa menggunakannya kapan saja.

Gimana sangat mudah bukan, jauh lebih mudah dibandingkan dengan merawat jersey bola Anda.

Jersey sepeda juga sebenarnya termasuk dalam perlengkapan keamanan untuk kamu yang tengah berkendara, mengingat bahannya memungkinkan melindungi kulit saat terjatuh sehingga meminimalisir luka lecet dari anggota badan paling luar.

Persiapan penting lainnya sebelum menuju ke track jarak jauh sebaiknya lakukan pemanasan agar otot-otot tubuh siap, resiko cidera tentu saja ada, untuk itu jangan lupa juga untuk selalu membawa kotak P3K.

6 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *