4 Universitas Yang Bisa Kamu Pilih Jika Ingin Kuliah di Sudan

Kuliah ke luar negeri menjadi impian bagi sebagian orang, untuk mewujudkannya tentulah tidak mudah. Biasanya negara yang menjadi pilihan untuk kuliah ke luar mulai dari Eropa, Amerika hingga Timur Tengah. Menentukan pilihan negara tentunya disesuaikan dengan bidang ilmu yang akan dipelajari.

Misalnya untuk belajar ilmu agama serta bahasa Arab negara tujuan yang banyak dipilih seperti Mesir yang memang sudah termasyur dengan universitas Al-Azhar, serta negara Arab lainnya seperti Arab Saudi, Maroko, hingga Tunisia.

Selain negara tersebut ternyata akhir-akhir ini Sudan sudah menjadi pilihan bagi warga negara Indonesia yang ingin melajutkan studinya ke Timur Tengah. Ini dapat dilihat dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa di universitas-universitas Sudan setiap tahunnya.

Sudan salah satu negara yang terletak di Timur laut benua Afrika dan bagian utara berbatasan langsung dengan Mesir. Di Negara ini banyak terdapat universitas, empat universitas ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mendalami ilmu agama dan bahasa Arab.

International University of Africa (جامعة افريقا العالمية )

Unversitas ini adalah perguruan tinggi pertama di Sudan, Jenjang pendidikan dimulai dari Strata satu, Magister hingga Doktoral. Fakultas-fakultas yang ada diantaranya fakultas syariah dengan kosentarsi jurusan syariah dan hukum, jurusan studi Islam.

Selain itu juga terdapat fakultas Tarbiyah (Pendidikan) terdiri dari jurusan pendidikan Sejarah, pendidikan bahasa Arab , pendidikan eksakta dan pendidikan Islam.

Di universitas ini juga terdapat fakultas Sastra dengan jurusan sastra Arab, sastra Inggris dan Informatika. Selain fakultas-fakultas dengan kosenterasi ilmu agama dan bahasa Arab terdapat juga fakultas-fakultas lainnya seperti fakultas kedokteran, tehnik, dan fakultas ilmu komputer.

Mahasiswa Indonesia banyak yang sedang menempuh studinya di universitas ini pada jurusan ilmu agama dan bahasa Arab. Letaknya juga strategis tidak jauh dari pusat ibukota Khatroum, fasilisitas yang terdapat di kampus ini diantaranya yaitu asrama bagi mahasiswa/i, perpustakaan hingga masjid.

Untuk masuk universitas ini dengan mengikuti tes yang diadakan oleh pihak kampus, atau bisa juga mencoba melalui jalur beasiswa Kementerian Agama yang dibuka setiap tahunnya.

Untuk informasi silahkan kunjungi websitenya di www.iua.edu.sd

Oumdurman Islamic University (جامعة ام درمان الاسلامية )

Universitas ini terletak di Oumdurman yang merupakan salah satu kota terbesar di Sudan. Kampus ini juga menjadi pilihan mahasiswa Indonesia, jenjang pendidikan juga dimulai dari strata satu hingga progragram Doktoral.

Fakutas-fakultas yang ada di kampus ini diantaranya Fakultas Ushuluddin jurusan Al-Qur’an, ilmu-ilmu Al-Qur’an, Tafsir, Hadits, Kebudayaan, Sirah, kemudian Fakultas Syariah dan Hukum dengan jurusan Ushul Fiqh, perbandingan fiqh, politik dan hukum, Fiqh Mazhab, hukum isla, dan ahwalukshaksiah. Fakultas Dakwah dan Informatika dengan jurusan dakwah, perbandingan agama dan pemikiran modern.

Selain fakultas yang mendalami ilmu agama juga terdapat fakultas lainnya seperti fakultas ekonomi, tehnik dll. Biaya kuliah S2 7000 dolar (sampai selesai) dan S3 10000 dolar (sampai selesai). Biasanya yang memilih untuk kuliah di kampus ini yang mendapatkan beasiswa, karena di kampus ini biaya kuliahnya termasuk mahal dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya.

Untuk mengakses informasi kampus ini silahkan klik website www.oiu.edu.sd

Khartoum International Institute For Arabic Language (معهد الخرطوم الدولى)

Seperti nama kampusnya For Arabic Language, di kampus ini hanya ada jurusan Pengajaran bahasa Arab untuk Non Arab, Jenjang pendidikannya hanya ada strata satu dan program Magister sedangkan untuk program doktoral belum ada. Fasililitas yang bisa di dapat di kampus ini seperti asrama, perpustakaan hingga masjid. Kampus ini letaknya bersebelahan dengan International University Of Africa.

baca juga cara mendaftar masuk serta kuliah di KIIFAL (معهد الخرطوم الدولى)

University Of Holy Qur’an and Islamic Sciences (جامعة القرآن الكريم والعلوم الاسلامية)

Kampus ini terletak di Oumdurman dan dekat dengan sungai Nil, sehingga view dari kampus ini sangat indah. Fakultas dan jurusan yang tersedia seperti Fakultas Al-qur’an dengan jurusan Al-Qur’an, Qiraah dan Sejarah, fakultas Syariah dengan jurusan Syariah dan hukum, Fiqh dan Ushul Fiqh, dan fakultas bahasa Arab dengan jurusan bahasa Arab dan kritik sastra, jurusan nhwu dan shorof.

Biaya kuliah 5000 dolar sampai 7000 dolar (sampai selesai). Untuk mengakses informasi silahkan klik websitenya di www.quran-unv.edu.sd

11 replies
  1. novie @vierose22
    novie @vierose22 says:

    dan selalu diikuti dengan bentuk bangunan yang bagus, menunjukkan ciri khas negara setempat. kuliah di luar negeri selain ilmu dan wawasan berkembang juga bisa sekalian jalan-jalan menikmati budaya setempat.

    Reply
  2. Ira Guslina
    Ira Guslina says:

    bisa buat referensi anak2 nanti nih mba.. btway ternyata kalau mau belajr bahasa arab langsung ga mesti dari negara arab ya. negara di pantai utara afrika seperti sudan juga bisa,, 🙂

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *