Jurnalis yang Gemar Membaca — Rachmawati Alida Baweres

Membaca mempunyai arti tersendiri bagi Rachmawati Alida Baweres karena mempunyai pengaruh besar terhadap eksistensi dirinya sebagai Jurnalis. Bagaimana tidak, sejak kecil blogger yang mempunyai panggilan Alida ini sudah gemar membaca dari mulai komik seperti Donal Bebek, Casper hingga buku misteri tentang Segitiga Bermuda milik sang kakek yang kebetulan mempunyai sebuah toko buku, tapi sayang seluruh koleksi buku tersebut harus lenyap pada saat konflik Ambon terjadi pada tahun 1999.

Keinginan kuat untuk menjadi seorang Jurnalis membawa Alida untuk lebih memlilih kuliah di jurusan Jurnalistik. Entah kebetulan atau tidak tapi tampaknya Alida sangat beruntung karena dia mendapatkan pekerjaan sebagai Jurnalis paruh waktu, dan asyiknya salah satu pekerjaan dia saat itu adalah menulis dalam rubik resensi buku, oleh karena itu Alida dapat mengoleksi banyak buku untuk dibaca sekaligus mendapatkan uang dalam waktu yang bersamaan.

Seperti yang dikutip dari halaman pribadinya — www.lidbahaweres.com, saat ini blogger yang sudah mulai menulis di blog sejak tahun 2007 ini masih aktif Jurnalis di Kompas TV yang meliput isu seputar kesehatan, politik dan hukum. Selain itu Alida aktif menjadi pengurus di AJI (Aliansi Jurnalis Independen) sebagai koordinator Divisi Perempuan yang tugasnya terkait dengan pengawasan serta pelatihan pekerja jurnalis perempuan.

Walaupun disibukan dengan banyak pekerjaan yang terkait dengan aktifitasnya sebagai Jurnalis dan Ibu Rumah Tangga, Alida tetap gemar membaca malahan hobi terebut kini menurun kepada sang anak. Ada pelajaran yang bisa saya petik dari profil mba Alida yaitu banyak membaca akan membuka jendela dunia dan pengetahuan terhadap berbagai hal yang akan bermanfaat.

12 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *