Ke Pegadaian Aja Yuk!

Suatu hari tiga tahun yang lalu, percakapan saya dengan teman yang sama-sama menjadi anak kost dimulai dari cerita gajian yang belum cair hingga berujung cerita tentang pegadaian. Jujur saja pegadaian memang kata yang tidak asing di telinga saya, dan kerap saya baca setiap melewati kantornya saat  berangkat kerja dan taglinenya itu yang terkadang membuat saya berpikir apa iya bisa mengatasi masalah tanpa masalah.

Ceritanya si teman saat itu kehabisan uang tabungannya, untuk menyambung hidup di rantau sebagai anak kosan pastilah harus mencari cara akan perut terus terisi. Saat itu teman saya bercerita jika akhirnya ia terpikir untuk ke pegadaian saja dan mengadaikan emas.

“Memangnya bisa ke pegadaian dapat uang pinjaman dengan mudah?”, begitulah pertanyaan yang pertama muncul saat si teman bercerita.

” Owh mudah, nanti kalau kakak lagi butuh uang cepat ke pegadaian saja gadaikan emas”. begitulah jawaban singkat teman saya dan entah kenapa kalimat singkat itu begitu saya ingat.

Hingga akhirnya setelah tiga tahun berlalu, kalimat singkat si teman itu ada manfaatnya juga. Ketiks Saya dihadapkan pada kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi hingga tabungan yang ada tidak mencukupi, rasanya kalau harus pinjam ke orang lain apalagi respon orang yang akan kita pinjam uang  tidak ramah jatuhnya malah jadi kebawa perasaan kan.

Nah, kalimat singkat teman saya tadi menjadi salah satu solusi yang harus saya praktekkan sekarang. Kebetulan beberapa waktu lalu saat menerima honor lebih saya investasikan dengan membeli emas, walaupun hanya berbentuk cincin yang beratnya hanya beberapa gram saja.

Entahlah saat membeli cincin itu saya berpikir jika ada kebutuhan mendesak bisa dengan cepat saya jual kembali, atau saya gadaikan emas saja seperti cerita teman saya dulu.  Eh tapi kalau dijual belum tentu saya bisa membeli lagi, hingga akhirnya jatuhlah pilihan ke pegadaian emas.

Pengalaman Pertama ke Pegadaian.
Setelah memantapkan niat akhirnya saya ke pegadaian juga, saya memilih kantor pegadaian syariah UPS Langsa Barat yang tidak jauh dari kontrakan saya, setelah sebelumnya sempat cari info dulu apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengadaikan emas . ternyata syaratnya hanya ini

  1. Membawa foto kopi KTP atau Identitas resmi lainnya
  2. Menyerahkan barang jaminan, kebetulan saya saya menyerahkan barang jaminannya itu berbentuk perhiasan
  3. Jika untuk sepeda motor maka harus membawa BPKB dan STNK aslinya.

Cukup mudah kan persyaratannya, setelah persyaratan  lengkap  saya menuju  ke kantor pegadaian setelah sampai di sana petugas begitu ramah melayani, sebelum melakukan transaksi saya mengisi formulir yang telah disediakan, kemudian menyerahkan formulir beserta fotokopi KTP dan barang jaminan kepada petugas.

Kemudian petugas memberitahu taksiran Marhun (barang pinjaman), lalu menanyakan jumlah Marhum bih (pinjaman) yang akan saya ambil. Pinjaman yang bisa diambil mulai dari 50 ribu rupiah hingga 200 juta rupiah lebih. Nah, kebetulan saya mengambil sesuai dengan kebutuhan  saat itu, biaya administarsi hanya 15.000 rupiah  dan ujrah per 10 harinya itu 12, 900 rupiah untuk pinjaman saya. Ujrah ini juga disesuaikan dengan jumlah pinjaman yang diambil.

Setelah semua dilengkapi tinggal menunggu petugas menyerahkan pinjaman saja, tidak sampai 20 menit pinjaman tersebut sudah di tangan saya .

Keunggulannya yang harus kamu tau

  • Layanan gadai emas ini tersedia di seluruh outlet pedagaian syariah seluruh Indonesia
  • Pengajuannnya sangat mudah, hanya dengan membawa barang agunan bisa berupa perhiasan emas, dan barang berharga lainnya ke outlet pegadaian
  • Proses pinjaman sangat cepat, tidak harus menunggu berjam-jam hanya dalam 15 menit.
  • Jumlah pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah hingga 200 juta rupiah lebih
  • Jangka waktu peminjamannya itu 4 bulan atau 120 hari dan jika belum punya uang untuk melunasi, sedangkan sudah jatuh tempo bisa diperpanjang dengan membayar ujrahnya saja atau  menangsur sebagian pinjaman
  • Tidak perlu membuka rekening
  • Uang yang kamu terima tunai
  • Yang paling penting barang jaminan kamu tersimpan aman di pegadaian.

Wah, banyakkan keunggulan serta kemudahan yang bisa kamu dapatkan di pegadaian. Sebelum saya beranjak dari kantor pegadaian ternyata si abang petugas mau juga menjelaskan hal lainnya, kebetulan hari itu kantor sepi jadilah si abang petugas menjelaskan kepada saya bahwa di pegadaian itu ada aneka jasa lainnya, misalnya jasa pengiriman uang, multi pembayaran online, pegadaian mobile kalau jasa yang ini bisa download aplikasinya di Play store atau app store, selain itu juga ada persewaan gedung, jasa sertifikasi logam mulia, jasa taksiran dan ternyata juga ada jasa titipan. Jasa titipan ini kamu bisa menitipkan barang-barang berharga hingga surat berharga dan kendaraan bermotor.

Oya selain aneka jasa yang saya sebutkan di atas ternyata ada juga sahabat pegadaian, sahabat pegadaian ini adalah program promosi customer get customer bagi nasabah yang berhasil mengajak sahabat, keluarga, teman untuk menjadi nasabah baru di pegadaian, bagi nasabah yang bisa dan berhasil mengajak akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan banyak hadiah dan tentunya tanpa diundi, wah menarik  aplikasi sahabat pegadaian ini bisa kamu unduh secara gratis  di app store atau play store, dan aplikasi ini juga memiliki banyak fiturnya juga loh 🙂

Terakhir sebelum beranjak dari kantor si abang petugas menutup penjelasannya bahwa ke pegadaian itu bukan  hanya gadai emas saja tetapi bisa juga nabung emas. Wah ini menarik juga jadi ke pegadaian itu tidak selalu identik dengan pinjam meminjam tapi bisa juga menabung emas. Baiklah abang petugas setelah melunasi pinjaman ini , saya akan kembali lagi tapi bukan untuk gadai  emas lho tapi mau buka tabungan emas.

Yeay pinjaman sudah di tangan saya pun bergegas pulang, ternyata ke pegadaian ngak rugi, bisa dapat pinjamannya  dan dapat juga banyak informasi lainnya. Sambil tersenyum di dalam hati saya berkata memanglah ngak salah taglinenya pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah 🙂

33 replies
  1. fanny fristhika nila
    fanny fristhika nila says:

    nah, nabung emas itu yg aku pgn coba mba.. udh lama dgr tuh kalo skr kita bisa nabung emas di pegadaian.. katanya jg ga susah… cuma bedanya harga emasnya mengikuti hari itu saat kita beli yaa.. beda ama bank syariah yg aku gunain sebelumnya, hrg emasnya dikunci di harga pertama kita deal :D..

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *