Cara Mengatasi Anyang-anyangan Dengan Uri-Cran

anyang-anyangan pada perempuan

Sering tersendat saat buang air kecil? jangan anggap remeh jika mengalami kondisi tersebut, bisa jadi itu adalah pertanda atau gejala awal dari penyakit anyang-anyangan.

Apa sih anyang-anyangan itu?

Kata anyang-anyangan berasal dari bahasa Jawa, jadi wajar saja kalau kamu kurang familiar ketika mendengarnya.

Secara medis anyang-anyang terjadi ketika ada infeksi pada saluran kemih, dimana bakteri menjadi penyebab utama dari infeksi tersebut.

Karena kurangnya pengetahuan dan gejalanya awalnya yang terlihat ringan, maka banyak penderita yang tidak menyadarinya, seperti pegalaman saya yang terkena anyang-anyangan beberapa bulan lalu.

Gejala & Tanda

Mulanya gejala awal yang saya rasakan hanya susah buang air kecil, dan itupun terjadinya hanya sesekali saja. Seiring berjalannya waktu gejala tersebut makin sering datang diiringi rasa sakit ketika kencing. Tidak terhitung berapa kali saya harus bolak-balik ke kamar kecil gara-gara perasaan seperti tersendat.

Bagi saya kondisi tersebut sangat mengganggu, apalagi kalau aktifitas mengajar sedang penuh. Sayangnya kesibukan tersebut membuat saya tidak menghiraukannya.

Puncaknya terjadi pada suatu malam. Rasa sakit yang tadinya datang saat buang air kecil jadi terasa terus menerus, bahkan saking parahnya saya tidak bisa jongkok, karena terasa ada tekanan pada bagian perut dan pinggul.

Dengan kondisi seperti itu siapapun pasti akan panik, maka tanpa pikir panjang keesokan harinya saya langsung memeriksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam.

Setelah melalui beberapa tahap pemeriksaan dan USG alhamdulilah tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, karena organ tubuh dalam perut saya terlihat sehat dan baik-baik saja, kecuali saluran kemih.

Hasil diagnosa menyatakan bahwa sakit saat buang air kecil adalah saluran kemih yang terinfeksi bakteri. Lumayan kaget dan takut saat mendengar hal tersebut, tapi saya masih bisa bersyukur, karena menurut dokter jika terlambat ditanggulangi maka kondisi tersebut bisa semakin parah dan menjalar ke ginjal.

Menurut dokter gejalanya bisa berbeda-beda, tapi pada umumnya penderita anyang-anyangan akan mengalami kondisi seperti berikut:

  • Merasa Tidak Tuntas dan Tersendat Saat Kencing
  • Frekuensi Buang Air Kecil yang Meningkat
  • Rasa Nyeri Setiap Buang Air Kecil
  • Sakit dan Terasa Adanya Tekanan Pada Bagian Bawah
  • Warna Air Kencing yang Keruh dan Berbau Tidak Sedap
  • Badan Demam Terasa Kurang Nyaman

Nah, sekarang sudah tahu kan salah satu penyebab sakit saat buang air kecil. Jika kamu mengalaminya sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama karena infeksi saluran kemih (ISK) dapat menjalar pada organ tubuh yang lain.

Perempuan Lebih Beresiko Anyang-anyangan

Secara umum anyang-anyangan ini bisa terjadi pada semua orang tanpa pandang bulu, tapi suka tidak suka ternyata perempuan memiliki resiko lebih besar terkena anyang-anyangan.

Dari pembicaraan dengan dokter yang memeriksa saya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab anyang-anyangan banyak terjadi pada perempuan, dan salah satunya adalah karena faktor anatomi.

Hmm… pasti pada penasaran, apa hubungannya anatomi dengan infeksi, saya pun berpikir begitu ketika pertama kali mendengar ucapan sang dokter.

Perempuan memilki organ intim yang sangat dekat dengan anus yang merupakan sarang dari berbagai macam bakteri. Karena letaknya yang sangat dekat maka kemungkinan bakteri berpindah ke organ intim menjadi besar.

Hal tersebut diperparah oleh kebiasaan membilas yang salah. Coba ingat-ingat, sadar atau tidak kadang kita suka membilas dari arah bawah ke atas, dan itu semakin mempermudah bakteri seperti e.coli yang berasal dari anus masuk ke saluran kemih.

Selain hal tadi, ternyata menahan kencing bisa menjadi pemicu anyang-anyangan. Masuk diakal juga sih, dalam hal ini jika laki-laki bisa buang air secara darurat dibandingkan perempuan yang lebih terbatas.

Ketika menahan kencing maka kandung kemih akan meregang, tapi jika sudah terkumpul terlalu banyak maka air seni yang seharusya dikeluarkan malah akan berbalik kembali ke ginjal. Nah, kalau sudah begitu maka bakteri akan berkumpul dan menyebabkan infeksi.

Cara Praktis Mengatasi Anyang-anyangan

Cara mengatasi anyang-anyangan terbilang mudah, dari hasil konsultasi dengan dokter saya diharuskan untuk

  1. Selalu menjaga kebersihan organ intim, dengan cara
    • Membilas dengan benar (dari arah depan ke belakang) setiap selesai buang air kecil.
    • Jika menggunakan toilet bersihkan dahulu dudukan kloset, disiram lalu diseka dengan tisu.
    • Segera mengganti celana dalam, apalagi jika dalam keadaan berkeringat atau basah.
  2. Memperbanyak minum air putih, minimal 2 liter atau 10 sampai 12 gelas setiap harinya adlah salah satu cara saya untuk mengatasi susah buang air kecil.

Tapi karena saluran kemih saya sudah terinfeksi maka saya harus menjalani pengobatan lebih lanjut. Waktu itu sempet bingung juga, karena kalau tidak terpaksa saya ini termasuk tipe yang anti dengan obat-obatan kimia. Nah, untungnya ada seorang teman yang memberikan saya saran untuk menggunakan Uri-cran.

Uri-cran adalah obat anyang-anyangan yang dibuat dari ekstrak buah cranberry asli, jadi pada dasarnya obat ini dibuat dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi.

Sebagai informasi, buah cranberry dikenal kaya akan kandungan proanthocyanidins, yaitu antioksidan yang berkhasiat mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu sifat anti-adhesi pada proanthocyanidin membuat bakteri tidak bisa menempel pada organ tubuh yang dialirinya, dengan begitu penyebaran bakteri dan infeksi bisa dicegah.

Oh ya, Uri-cran ini tersedia dalam dua bentuk yang berbeda, yaitu Prive Uri-cran yang berbentuk kapsul,  dan Prive Uri-cran plus yang berbentuk serbuk dalam sachet. Kebetulan saat itu saya menggunakan yang serbuk.

Alhamdulillah pilihan saya tidak salah, setelah menggunakan Prive Uri-cran plus secara rutin 2 kali sehari anyang-anyangan dapat disembuhkan secara tuntas. Gejala infeksi seperti air seni berwarna keruh, sakit buang air kecil dan tersendat dapat hilang hanya dalam hitungan beberapa hari saja.

Punya gejala anyang-anyangan seperti yang saya sebutkan tadi? Secara pribadi saya sangat menyarankan menggunakan Uri-cran untuk meredakan infeksi saluran kemih, selain karena alami khasiatnya sudah terbukti sangat manjur.

 

 

6 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *