Tips Memilih Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis dan Multimedia

laptop untuk desain grafis

Jangan terburu-buru ketika memilih laptop yang akan digunakan untuk aktifitas desain grafis dan multimedia, karena ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya, dan itu tidak bisa dinilai hanya dari harga atau sekedar melihat tampilan luarnya saja.

Sebagai solusinya, tips memilih laptop terbaik untuk desain grafis multimedia ini bisa digunakan sebagai referensi atau bahan pertimbangan yang akurat agar nantinya laptop yang terpilih benar-benar cocok dan pas untuk kebutuhan multimedia.

Prosesor

Prosesor adalah hal pertama yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih laptop terbaik untuk desain grafis dan multimedia. Nah dalam hal ini sebaiknya kamu fokus untuk memilih laptop yang memiliki prosesor dengan kriteria berikut ini.

Teknologi Terbaru

Pastikan prosesor yang ada pada laptop pilihanmu adalah generasi paling baru. Contohnya untuk Intel yang terbaru adalah generasi ke 7, maka pilihlah laptop yang dibekali dengan prosesor generasi tersebut, atau setidaknya satu generasi dibawahnya.


Kecepatan

Sangat disarankan untuk memilih laptop dengan prosesor yang memiliki kecepatan yang tinggi, karena akan besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer ketika mengolah data dari aplikasi multimedia yang terbilang berat.

Jumlah Core

Untuk Saat ini mayoritas aktifitas multimedia seperti render video dan yang lainnya sudah mendukung penggunaan multi-core. Semakin banyak jumlah core—inti dari prosesor  maka semakin tinggi performa laptop ketika bekerja.


Memori Internal

Multimedia tidak akan pernah lepas dari aktifitas multitasking. Semakin besar cache memory prosesor (L1,L2,L3) maka akan semakin nyaman ketika kita membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Kartu Grafis

VGA atau kartu grafis laptop menjadi hal kedua yang harus diperhatikan saat memilih laptop terbaik untuk multimedia, karena seluruh proses data yang akan diterjemahkan menjadi bentuk visual akan ditangani olehnya. Adapun hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan adalah

Peruntukan

Sebelum memperhatikan brand, spesifikasi dan hal lainnya pastikan peruntukan kartu grafis yang ada pada laptop pilihanmu. Ini bukan hal yang wajib, tapi jika laptop tersebut memiliki kartu grafis yang memang benar-benar dibuat untuk keperluan desain grafis dan multimedia maka bisa dipastikan kinerjanya akan lebih baik.


Memori

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah jenis dan besarnya memori yang ada pada kartu grafis, sebagai contoh GDDR4 kecepatan kinerjanya akan melebihi GDDR3, pun dengan jumlah memorinya. Semakin tinggi maka semakin cepat kartu grafis dalam menangani tugas komputasi.

Inti

Seperti prosesor, kartu grafis pun memiliki core—inti yang berfungsi untuk menangani setiap tugas komputasi. Semakin besar jumlah intinya maka semakin banyak tugas yang bisa diselesaikan dalam waktu yang sama, dengan kalata lain waktu kerjamu akan lebih efisien jika komputer bisa menangani banyak aktifitas secara bersamaan.


Desain Tenaga Termal

Setiap kartu grafis akan memiliki thermal design power yang biasanya memang khusus dibuat untuk laptop. Berbeda dengan spesifikasi lainnya, jika tenaga yang dibutuhkan besar maka kemungkinan besar laptop akan cepat panas dan bising, oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih laptop yang memiliki VGA dengan TDP kecil.

Layar

Jangan lupakan fitur-fitur yang ada dalam layar laptop agar setiap rancangan dan desain lebih terjaga keakuratannya. berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan dari layar laptop.

Tipe Panel

IPS (In-Plane Switching) adalah tipe panel yang paling disarankan baik untuk layar yang berbasis LCD maupun LED. Adapun keunggulan dari IPS adalah keakuratan dan tampilan yang konsisten ketika dilihat dari berbagai sudut pandang.

Ukuran & Resolusi

Kepadatan piksel akan mengikuti ukuran dan resolusi dari layar monitor. Nah karena itu sebaiknya pilih layar yang memiliki resolusi besar, contohnya 1920 x 1080 (Full HD), 2560×1440 (Quad HD) atau yang lebih ekstrim 3840 × 2160 (4K UHD).

Memori & Tempat Penyimpanan

Untuk mendukung aktifitas desain dan multimedia, sebuah laptop wajib memiliki storage—tempat penyimpanan data yang mencukupi, dan selain itu ukuran memori pun akan mempengaruhi kinerjanya.

Teknologi

Sangat disarankan untuk memilih tempat penyimpanan yang sudah mengadopsi teknologi terbaru seperti SSD, atau setidaknya hybrid yaitu tempat penyimpanan yang menggabungkan teknologi SSD dan HDD. Nah, untuk memori saya menyarankan untuk memilih laptop dengan RAM DDR4.

Ukuran

Walaupun relatif, saya menyarankan untuk memilih laptop dengan ram dan storage yang berkapasitas besar. Dalam hal ini 1TB adalah ukuran yang paling ideal, sedangkan untuk memori minimal memiliki kapasitas 4GB.

Sistem Pendingin

Desain dan multimedia bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, oleh karena itu pastikanlah sistem pendingin atau desain saluran udara yang ada di laptop dapat mendukungmu untuk bekerja dalam waktu yang lama.

Baterai

Salah satu keunggulan laptop adalah baterai yang membuatnya bisa bekerja tanpa harus tersambung dengan listrik. Sebagai bahan pertimbangan, pilihlah laptop yang memiliki kapasitas baterai besar dan tahan lama.


Rekomendasi

Pada umumnya laptop untuk desain grafis dan multimedia memang berbeda jika dibandingkan dengan laptop biasa atau laptop gaming, oleh karena itu ada baiknya memperhatikan hal-hal diatas sebagai bahan pertimbangan agar mendapatkan laptop yang bisa diandalkan.

Nah, sebagai rekomendasinya saya sangat menyarankan kamu untuk memilih Macbook Pro terbaru.  Dari segi spesifikasi Macbook Pro sudah mewakili kriteria sebuah laptop yang pas untuk mengerjakan desain grafis maupun multimedia.

Laptop keluaran Apple tersebut sudah dilengkapi prosesor Intel Core i5 dual-core dengan kecepatan maksimal 3,3GHz, dengan penyimpanan berteknologi SSD dan ditambah dengan memory sebisar 8GB.  Dengan spesifikasi tersebut bisa dipastikan kinerja laptop ini tidak akan kalah dengan sebuah worksation atau komputer desktop.

Hal lain yang membuat laptop ini sangat cocok untuk keperluan desain grafis dan multimedia adalah teknologi yang disematkan dalam layarnya, yaitu layar dengan pilihan 13 dan 15 inci yang dilengkapi panel IPS dengan fitur retina display.

Untuk masalah kocek yang harus dikeluarkan memang harga Macbook Pro ini terbilang cukup mahal, tapi menurut saya sih wajar saja jika melihat spesifikasi Macbook Pro yang dilengkapi dengan teknologi paling baru yang bisa mempermudah semua pekerjaan kita.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *