Sail Sabang 2017 Event Wisata Bahari Terbesar di Tahun Ini

Tahun ini Indonesia kembali diramaikan oleh sebuah event rally kapal layar berkelas Internasional bernama Sail Sabang 2017. Event yang merupakan bagian dari perhelatan rutin Sail Indonesia ini sejak 2009 namanya disesuaikan dengan nama daerah yang terpilih pada tahun digelarnya acara tersebut.

Berdasarkan data yang dikutip dari salah satu situs resminya, event kali ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika, Australia, Belanda dan yang lainnya.

Seluruh peserta akan memulai perjalanannya dari 2 tempat yang berbeda yaitu Tual-Maluku, dan Darwin-Australia, adapun daerah yang terpilih sebagai finish dan puncak acaranya adalah kilometer 0 nusantara, yaitu Sabang Aceh.

Kemeriahan Sail Sabang 2017

Bagi Aceh sendiri Sail Sabang bukanlah event internasional yang pertamakali digelar di sana, apalagi dalam hubungannya sektor pariwisata Sabang sudah sejak lama menjadi pelabuhan wisata dan destinasi favorit pelancong dunia. Gelaran ini bisa dijadikan momentum yang tepat untuk lebih memperkenalkan keindahan alam Indonesia yang eksotis kepada dunia luar, terutama destinasi wisata bahari di sekitar Sabang sebagai tempat diadakannya acara ini.

Melihat kemeriahan dan spesialnya perhelatan ini kemungkinan besar pada hari H nanti Sabang akan kebanjiran wisatawan, baik lokal maupun asing, apalagi jika melihat waktunya yang bertepatan dengan musim libur akhir tahun, oleh karena itulah sebagai antisipasi dan memastikan suksesnya Sail Sabang Pemda Aceh beserta seluruh jajarannya telah melakukan berbagai persiapan seperti membangun hotel dan membenahi spot-spot wisata yang ada di Sabang.

Rencananya Presiden Joko Widodo akan ikut serta memeriahkan parade ratusan kapal layar pada acara puncak acara yang berlangsung pada 28 November hingga 5 Desember nanti. Selain itu Sail Sabang 2017 akan disemarakkan oleh berbagai acara menarik seperti kompetisi menyelam, karnaval, Sabang Underwater Contest, festival kuliner, dan Sabang Expo.

Spot Wisata di Sabang

Dalam hal akses, perjalanan menuju Sabang terbilang sangat mudah bisa ditempuh dengan waktu yang singkat. Ada dua alternatif moda transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan, yakni melalui udara dan laut.

Jika memilih transportasi udara pengunjung dapat menggunakan penerbangan mingguan yang secara rutin berangkat dari bandara Kuala Namu Medan, namun jika ingin lebih menikmati panorama dan keindahan bahari sebaiknya menggunakan kapal feri dari Banda Aceh. Untuk kapal feri cepat, perjalanan Banda Aceh – Sabang (Pulau Weh) dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam saja, sedangkan untuk feri kelas ekonomi sekitar 2,5 jam.

Adapun spot wisata yang wajib dikunjungi di Sabang adalah

Tugu Kilometer 0 Indonesia

Letaknya di Pulau Weh, tepatnya di desa Iboih kota Sabang. Di sekitar monumen yang menjadi tanda 0 kilometer wilayah Indonesia bagian barat ini kita dapat menikmati pemandangan dari hemparan pantai dan perbukitan nan hijau.

Pantai Gapang

Hamparan pantai yang jernih dengan pohon rindang yang teduh membuat Pantai Gapang menjadi tempat yang pas untuk sekedar menghabiskan waktu bersantai dan yang pasti tempat ini sangat instagramable dan patut diabadikan sebagai momen penting dalam foto.

Air Terjun Pria Laot

Hutan Pulau Weh Sabang yang dikelilingi perbukitan ternyata memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan pantainya, dan salah satunya adalah air terjun Pria Laot.

Taman Laut Rubiah

Untuk pengunjung yang gemar bersnorkeling atau menyelam wajib untuk mengunjungi spot wisata yang satu ini. Taman Laut yang berjarak 20 menit dari Pulau Weh ini menawarkan panorama dan keindahan bawah laut yang tidak terkira.

Pantai Anoi Itam

JIka pantai biasanya identik dengan pasirnya yang berwarna putih maka tidak dengan yang satu ini. Pantai yang dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia ini memiliki pasir yang berwarna hitam

Pantai Sumur Tiga

Spot wisata ini berada di bagian timur Pulau Weh, adapun yang menjadikan pantai ini spesial adalah tiga buah sumur air tawar dan bentangan pasir putihnya yang sangat jernih seperti kristal.

Tertarik turut serta menjadi bagian dari meriahnya Sail Sabang 2017 nanti? JIka ya sebaiknya untuk segera persiapkan hal-hal penting seperti akomodasi mulai dari sekarang.

8 replies
  1. Nchie Hanie
    Nchie Hanie says:

    Ahh, aku dapet acara ini waktu kemaren di Aceh, masih nabung, pengen ke sana, terutama ke Taman Laut Rubiah,

    Acaranya kereeen! Ahh, Indonesia makin mempesona pariwisatanya niy.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *