Halo selamat datang di www.meutiarahmah.com, yang merupakan buku harian, blog atau jurnal online milik saya, seorang perempuan bernama Meutia Rahmah.

Diawali sebagai buku harian konten blog ini lebih banyak tentang catatan kaki dan curhatan saya, Seiring bertambahnya waktu konten pun jadi bertambah banyak, pun dengan temanya. Maka jadilah blog gado-gado ini.

Sebenarnya halaman ini tidak terlalu penting untuk dibuat, tapi atas nama dokumentasi dan halaman wajib dari semua website yang bernama “about” maka saya akan ceritakan sedikit mengenai sejarah blog ini.

#The Beginning ~ Blogspot

Blog ini mulai eksis antara tahun 2010 - 2011, saat saya masih menyelesaikan program Magister di Khartoum International Institute for Arabic Language (KIIFAL). Platform yang saya gunakan pada waktu itu adalah Blogger.com, dengan alamat tulipqta.blogspot.com.

Tidak ada alasan khusus kenapa memilihnya, melainkan karena itulah satu-satunya mesin blog yang menurut saya paling mudah dan praktis dibandingkan dengan penyedia blog gratisan lainnya.

Tahun berikutnya, tepatnya bulan September 2012 saya mencoba membeli domain. Yup benar nama domainnya adalah yang saat ini terpampang di browser kamu. 🙋‍♀️

Lagi-lagi saya tidak punya alasan khusus kenapa memilih nama domain tersebut, apalagi waktu itu saya belum tahu seluk-beluk, how to dan hal-hal lainnya tentang ilmu blogging, maka saya memilih nama sendiri.

Saat itu www.meutiarahmah.com lebih dominan diisi oleh pengalaman pribadi, curhatan dan hal-hal yang sebenarnya tidak penting untuk dipublikasikan. tapi yang membuatnya menyenangkan saya belajar banyak tentang menulis, dan hal-hal yang berbau front-end web.

#Wordpress Time ~ Self-hosted Wordpress

Setelah beberapa lama berkutat menulis di Blogger dan banyak belajar lebih dalam tentang SEO, desain web saya merasa perlu memindahkan blog ini ke platform yang lebih fleksibel.

Akhirnya pada bulan Oktober 2016 saya memberanikan diri memindahkan www.meutiarahmah.com ke Wordpress self-hosted menggunakan shared hosting.

Apakah blog ini menjadi ok setelah pindah ke Wordpress?

Tidak juga sih 😅 Wordpress itu bukan sulap bukan pula sihir…

Sibuk mengajar dan aktifitas lainnya di dunia nyata membuat blog jadi terbengkalai. Jadinya ya “gitu-gitu aja” sama seperti waktu menggunakan Blogger.

Mungkin itu adalah masa kelam bagi blog ini, jarang update, blog berat dan sering down tapi setelah disadari saya bisa mendapatkan hikmah dan pengalaman hasil ber-Wordpress ria seperti mengelola hosting, database dan sedikit seluk-beluk back-end web dinamis.

#Going Static ~ Hugo

Lelah login, update plugin, setup server, handling error dan komplain masalah server down akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan lagi Wordpress.

Alih-alih menggunakan web dinamis atau layanan blog publishing service saya memilih migrasi ke Hugo, framework web yang menggunakan bahasa pemograman Go.

Banyak sekali alasan kenapa saya memilih Hugo, diantaranya karena ada yang bantuin develop hehehe, jauh lebih praktis, fleksibel, ekonomis, aman dan yang paling signifikan adalah lebih kece dan cepat dalam hal akses.

So here we are, a blazing fast www.meutiarahmah.com…

Harapannya nggak muluk-muluk, melalui blog ini saya ingin lebih banyak menulis hal-hal yang bermanfaat untuk publik.

Selamat membaca.

14 April 2018
Meutia Rahmah