Asam U Sambal Khas Aceh
2018-02-21 13:37:27 +0700 +07

Assalamualaikum ..Alhamdulillah menjelang akhir tahun, liburan long weekend kemarin bisa sepuasnya berkumpul dengan keluarga terutama melepas rindu dengan ibu.

Semenjak setelah liburan Idul Adha Oktober lalu saya belum pernah pulang ke rumah, baru long weekend minggu kemarin merasakan betapa nikmatnya berkumpul dengan keluarga, bisa merasakan lagi masakan ibu yang selalu enakkkkk.

Akhirnya bisa terpuaskan juga kerinduan menyantap masakan ibu dengan menu khas Aceh yang bermacam-macam, mulai ikan asam keueng, kuah pliek kalau yang belum tau apa itu kuah pliek bisa baca postingan saya yang ini Gulee Pliek U.

Eh tapi liburan long weekend kemarin ibu sempat membuat sambal kesukaan saya, kalau saya yang buat sendiri pasti rasanya beda sama buatan ibu. Ya, namanya Asam U dalam bahasa aceh kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya sambal kelapa.

Wuih jadi ngiler ingat sambal ini kalau dimakan dengan nasi hangat dan ikan asin goreng kering wow kebayang deh maknyusnya.

Dulu saat saya masih di rumah ibu sering membuat sambal ini saat saya sedang tidak selera makan, nah kalau ada sambal kelapa dan ikan asin goreng langsung selera makan mendadak muncul hehe.

Asam U sambal khas aceh, kenapa khas ya tentu bumbunya menggunakan asam sunti, yaitu bumbu wajib dalam setiap masakan aceh, kalau ada yang penasaran cara pembuatan asam sunti bisa baca postingan saya yang ini Asam Sunti

Cara membuat Asam U juga praktis dan cepat tanpa harus dimasak dalam sekejap jadi untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan ikan asin.

1# Bahan-bahan

  • 6 buah cabe Rawit (disesuaikan dengan selera pedas)

  • 4 siung bawang merah

  • 5 buah asam sunti

  • 1 batang serai (diiris tipis)

  • 5 lembar daun jeruk.(diiris tipis)

  • 12 Kelapa yang sudah diparut.

2# Cara Menyajikan

Cabe rawit, bawang merah serta asam sunti diulek kasar kemudian setelah diulek masukkan parutan kelapa aduk sampai merata dengan bumbu yang sudah diulek kasar.

Nah terakhir masukkan irisan serai dan daun jeruk jadi deh asam u nya, hehe praktis bukan? Disarankan untuk makan pakai nasi hangat dan ikan asin pasti maknyuss… selamat mencoba.

Ayo kalau di daerah kalian ada sambal apa saja nih?