Kreasi Menu Gizi Seimbang dengan So Good Ayam Pedas Manis Saus Keju
2018-03-29 14:17:46 +0700 +07

Menyiapkan bekal sehat dan lezat setiap hari? kenapa ngak. Dulu saya berpikir kalau setiap pagi harus masak itu ribet, sehingga seringkali makan siang di luar atau beli di warung makan padang dekat kampus, tapi setelah dipikir-pikir walaupun enak belum tentu menyehatkan bagi tubuh.

Lalu apa sih kriteria dari makanan yang menyehatkan itu? Jawabannya pasti akan beragam, dan kebanyakan akan fokus kepada daging, sayuran dan buah-buahan. Jawaban tersebut memang benar karena pada dasarnya jenis makanan yang disebutkan tadi memang menyehatkan, namun pada prakteknya hal ini sering mengecoh kita.

Pakar gizi dari IPB mengatakan “Tidak ada satu pun jenis makanan yang bisa mencakup semua kebutuhan gizi”, artinya menyehatkan atau tidaknya bukan tergantung dari seberapa banyak kita memakannya, melainkan dari keseimbangan menu dan gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

formula menu dengan gizi seimbang

formula menu dengan gizi seimbang

Untuk menyusun menu yang bergizi yang harus diperhatikan adalah porsi, di mana semua anekaragam makanan yang dibutuhkan untuk asupan gizi terpenuhi. Diantaranya terdiri dari 3 kelompok makanan yang mengandung:

  1. karbohidrat, seperti nasi, kentang, gandum, jagung, ketela dan ubi.
  2. protein, seperti ikan, daging, susu, telur, tempe, tahu.
  3. vitamin dan mineral, yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Nah, tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Modalnya hanya mau merubah kebiasaan saja, apalagi sekarang banyak tersedia produk makanan siap saji yang memudahkan kita untuk mengolahnya, contohnya seperti produk dari So Good yang bisa dikreasikan dalam piring menu gizi seimbang. Jadi enggak ada alasan lagi untuk bilang ribet dan nggak ada waktu.

Tertarik untuk mempraktekannya? Kebetulan saya punya satu kreasi menu seimbang yang lezat, jadi sayang kalau dilewatkan.

Kreasi So Good Ayam Pedas Manis Kentang Panggang dengan Saus Keju

Resep ini terdiri dari daging ayam, kentang, keju, sayuran dan buah-buahan. Lengkap bukan? Selain lengkap akan gizi cara penyajiannya pun terbilang mudah dan praktis, apalagi bahan utama yang saya gunakan adalah ayam potong siap olah dari So Good.

Oh ya, saya memilih produk ayam potong So Good karena kemudahan dan kepraktisannya. Mau dikukus, tumis, panggang dan goreng enggak masalah karena setiap potongnya sudah dilengkapi dengan bumbu spesial yang diproses dengan teknologi tinggi tanpa bahan pengawet.

bahan-bahan ayam pedas saus keju

bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan

  • 1 potong So Good ayam potong pedas manis
  • 1 buah kentang ukuran besar
  • 1 buah wortel
  • 1 brokoli ukuran kecil
  • 300 ml minyak goreng
  • 1 buah mangga

Saus

  • 350 ml susu cair full cream
  • 100 ml air putih
  • 75 g keju cheddar
  • 1 butir kuning telur
  • 1 bungkus keju bubuk
  • 1 12 sendok makan tepung maizena

Bumbu

  • 12 sdt garam
  • 12 sdt merica
  • 1 sdm minyak zaitun

Langkah 1#: Saus Keju

  1. Panaskan susu cair full cream dengan api kecil, masukkan keju lalu aduk hingga mencair dan mendidih
  2. Aduk maizena, kuning telur dan air sampai tercampur rata, lalu masukkan sedikit demi sedikit kedalam campuran susu dan keju.
  3. Aduk terus dan terakhir masukkan keju bubuk sesuai selera, tunggu hingga matang lalu matikan api dan dinginkan.

Langkah 2#: Kentang

  1. Cuci bersih kentang lalu singkirkan sisa airnya dengan menggunakan tisu bersih hingga kering. Tusuk kentang sekali atau duakali untuk membuat kentang matang lebih cepat dan merata. lalu bumbui dengan minyak zaitun, merica dan garam.
  2. Bungkus kentang dengan aluminium foil lalu panggang 220 c selama 30-40 menit. setelah kentang matang angkat dan sajikan.

Langkah 3#: So Good Ayam Pedas Manis

  1. panaskan minyak lalu goreng so good ayam pedas manis dengan api kecil, tunggu sampai matang kira-kira 3-5 menit lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 4#: Sayuran & Buah Mangga

  1. Potong wortel dan brokoli dengan ukuran sedang.
  2. Kukus brokoli dan wortel selama kurang lebih 5 menit, sebagai alternatif wortel secara mentah.
  3. Kupas buah mangga dan potong kecil membentuk dadu.

Langkah 5#: Penyajian

  1. Susun sayuran dan buah-buahan dalam piring saji, lalu letakan 1 potong So Good ayam pedas manis di atas sayuran tadi.
  2. Buka bungkus aluminium pada kentang, letakkan tepat di dekat ayam dan sayuran.
  3. Tuangkan saus secukupnya, jika suka silahkan taburi dengan peterseli.

Tadaaa… 1 porsi So Good ayam pedas manis saus keju sudah siap untuk disajikan.

ayam pedas saus keju

So Goood Ayam Pedas Manis Saus Keju


Menyusun menu dengan gizi yang seimbang akan menjadi hal yang menyenangkan dan yang pasti keberagamannya akan membuat lidah lebih berselera. Nah, yang perlu diingat adalah persyaratan utamanya yaitu terdiri dari 15% protein, 15% buah, 35% sayuran dan 35% sumber karbohidrat.

Sampai ketemu lagi di resep selanjutnya, salam…