Cara Backup Database & Konten Wordpress
2018-06-20 18:44:36 +0700 +07

Bagi para pemilik web atau blog self-hosted seperti Wordpress, backup adalah aktifitas penting yang harus dilakukan secara rutin. Dalam hal ini biasanya yang di-backup adalah database dan seluruh konten web, seperti gambar, video dan yang lainnya.

Aktifitas backup sendiri bisa dilakukan demi alasan keamanan. Misalnya jika ada kerusakan server atau ancaman lain seperti yang saya tulis dalam artikel tentang cara mengamankan Wordpress.

Backup sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam metode, tapi pada umumnya pengguna lebih menyukai melakukan aktifitas ini melalui dashboard Wordpress dengan bantuan plugin.

UpdraftPlus

UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin yang Saya gunakan untuk mem-backup seluruh konten blog meutiarahmah.com ketika masih menggunakan Wordpress. Adapun kelebihan yang Saya suka dari plugin ini adalah keleluasaan dalam hal penyimpanan hasil backup.

Yuk langsung saja pasang plugin-nya melalui dashboard Wordpress-mu. Sorot menu Plugins lalu klik Add New.

Ketikan UpdraftPlus di kolom pencarian. Setelah itu klik Install Now ketika plugin UpdraftPlus sudah muncul.

…jangan lupa untuk mengaktifkannya.

Cara Backup Konten Wordpress

Nah, jika sudah terpasang maka tidak ada salahnya jika sekarang Kamu mencoba backup seluruh data yang ada di blog. Caranya masuk ke menu Settings » UpdraftPlus Backups.

Pengaturan UpdraftPlus

Setelah masuk ke halaman yang dituju Kamu akan menemukan beberapa menu, tapi tenang Kita tidak perlu bingung dengan pilihan-pilihan tersebut, karena yang akan digunakan hanya sebagian kecilnya saja.

1. Pengaturan UpdraftPlus

Ok, sebelum melakukan backup Kita perlu melakukan sedikit pengaturan. Klik menu settings yang ada di bagian atas.

  • SCHEDULE
    Pengaturan pertama yang harus dilakukan adalah waktu atau schedule dari backup itu sendiri. Dalam hal ini pilihannya ada 2 yaitu dilakukan manual atau terjadwal secara otomatis.

    Pilihannya akan tergantung kepada metode apa yang akan Kamu pilih, apakah hasil backup akan dikirim ke tempat penyimpanan pihak ke-3 atau komputer milikmu.

    Demi kepraktisan Saya lebih menganjurkan untuk manual saja, baik untuk database maupun file. Sedangkan untuk hasil yang disimpan cukup 1 saja supaya tidak menghabiskan jatah penyimpanan hosting yang Kamu miiliki.

  • INCLUDE IN FILES BACKUP
    Centang bagian-bagian yang kira-kira penting untuk diikutsertakan kedalam backup, tapi jika ingin lebih aman maka centang seluruhnya.

  • EMAIL
    Jika fitur ini aktif maka seluruh log aktifitas backup akan dikirimkan melalui email.

Untuk pengaturan lainnya Kita akan biarkan saja secara default.

2. Backup Data Wordpress Ke Komputer

Setelah pengaturan dilakukan dengan benar maka UpdraftPlus sudah bisa digunakan untuk melakukan backup. Untuk memulai rangkaiannya silahkan masuk ke menu Current Status lalu klik tombol Backup Now.

Ketika jendela pop-up muncul Kita akan diminta kembali untuk mencentang bagian blog yang akan diikutsertakan dalam backup. Sebagai percobaan Kita hanya akan mencentang database saja.

Opsi backup

Klik Backup Now, lalu tunggu beberapa saat. Jika kontennya banyak maka prosesnya akan sedikit lebih lama.

Cara Backup UpdraftPlus

Langkah berikutnya adalah masuk ke menu Existing Backups dimana Kita akan mengunduh hasil backup tadi.

Unduh hasil backup

Pilih atau klik database. Setelah filenya siap diunduh sebuah tombol bertuliskan Download to your computer akan muncul.

Klik tombol tersebut dan biarkan browser mengunduhnya.


Nah, sekarang Kamu sudah memiliki backup dari database blog yang merupakan bagian penting dari keseluruhan data yang kamu miliki, mulai dari konten yang berupa teks hingga konfigurasi Wordpress, theme dan plugin.

Untuk update berikutnya sangat disarankan untuk mengikutsertakan gambar, theme dan plugin ya…