Cara Cek Domain Authority dengan Moz Research Tool Baru
2018-05-11 21:42:42 +0700 +07

Halo semuanya, Eh kali ini saya mau bagi-bagi informasi tentang research tool Moz, itu loh yang biasanya dipakai kita untuk cek domain sama page authority.

Jangan sedih atau galau kalau belakangan ini domain authority blog Kamu stuck enggak ada perubahan sama sekali, karena bisa jadi itu akibat dari tool Moz yang biasa dipakai memang sudah tidak difungsikan oleh Moz.

Usut punya usut si Moz ini memindahkan tool mereka dari tautan lama ke tautan baru, yaitu Moz New Link Exploler

Kenapa ganti tool dan URL?

Besar kemungkinan sih mereka update besar-besaran algoritmanya, sedangkan untuk masalah URL bisa jadi karena yang baru ini dibuat untuk pengguna yang terdaftar saja.

Apa Saja yang Baru di Tool Moz Sekarang ini?

Overall tidak ada perubahan yang signifikan di tool baru ini, kecuali untuk beberapa menu yang memberikan info lebih detail diantaranya

  1. Discovered & Lost
    Fitur ini berisi info tentang berapa banyak backlink baru dan berapa banyak backlink yang hilang. Selain itu kita bisa melihat timeline metric dari DA, PA dan linking domain.

  2. Link Intersect (masih belum berfungsi)
    Nah, kalau yang ini saya belum tahu karena memang belum diaktifkan

Sebetulnya tools lama masih bisa diakses, tapi index atau value-ya tidak akan update, pun dengan tool cek domain authority milik pihak ke-3, karena mereka belum/tidak punya akses API tool Moz yang baru.

Berikut hasil test saya menggunakan tool lama dan tool dari pihak ke-3.

Tool Moz Lama

Tool pihak ke 3

Jika saat ini kamu mengunjungi URL lama, maka akan ada notifikasi yang kurang lebih isinya itu menyatakan bahwa tool tersebut sudah tidak akan update indexnya.

Notifikasi

Update disini artinya tool tersebut tidak akan menampilkan informasi terbaru. Tool-nya tetap ada tapi yang pasti nilainya tidak akan berubah sampai kapan pun.

Sebagai gantinya silahkan klik tautan yang ada di bagian akhir notifikasi tersebut.

Cara cek-nya kurang lebih sama seperti dulu, cuma kali ini Kamu harus melakukan login untuk dapat mengakses tool-nya.

Masih gratisan?

Tenang aja, buat penyuka freebies tidak perlu khawatir, tool ini tetap gratis kok untuk versi community. Silahkan login atau daftar terlebih dahulu jika memang belum punya akun.

…jangan lupa verifikasi email.

Next, silahkan cek domain authority dengan menginput URL domain kamu seperti biasa, insya allah hasil yang keluar adalah update paling fresh, terbaru dan valid.

Tadaaaaa, alhamdulillah DA saya naik drastis

Tool Moz Baru

Sum

  1. Moz mempersilahkan menggunakan tool lama, dengan catatan tidak akan relevan karena informasinya tidak akan up to date. Mereka menyarankan kita untuk menggunakan yang baru.

  2. Domain authority dan page authority adalah ranking peringkat mesin pencari yang di kelola oleh Moz, artinya tool baru ini valid 100% dibandingkan tool dari pihak ke-3.

  3. Bisa dipastikan untuk sementara ini seluruh tool cek DA, dan PA dari pihak ke-3 tidak akan valid, karena informasi yang ditampilkan berasal dari tool versi lama.

  4. Ada kemungkinan tool pihak ke-3 tidak bisa lagi mengakses info DA dan PA yang up to date selama mereka belum meiliki akses ke API tool Moz yang baru, jadi sebaiknya gunakan langsung tool Moz.

  5. Kalau ada yang bilang “Ah saya ragu, kok drastis ya perubahannya” Jika ragu silahkan kirim mosi tidak percaya langsung ke Moz-nya 😅

  6. “Saya lebih percaya tool pihak ke-3” monggo silahkan gunakan tool pihak ketiga dan tunggu keajaiban hingga indexnya update saat lebaran kuda 😆


Gimana dengan DA Kamu? semoga naik juga ya…. Jangan lupa share hasilnya di kolom komentar, tapi ingat naik atau anjlok jangan dijadikan masalah karena hakikatnya domain authority itu sebaiknya dilihat sebagai perbandingan saja.

Update

Saat ini layanan pihak ketiga seperti www.seoreviewtools.com dan www.smallseotools.com bisa kembali digunakan, tapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan tool yang disediakan oleh Moz.