Mencari Definisi dan 101 Cara untuk Menjadi Blogger Keren dan Sukses
2018-06-03 23:05:46 +0700 +07

Alhamdulillah, setelah seminggu penuh disibukan dengan aktifitas kampus yang padat akhirnya Saya bisa menyempatkan diri lagi menyentuh teks editor blog. Ceritanya sih tadinya mau ikut lomba menulis yang diadakan oleh komunitas Warung Blogger.

Maksud hati ingin menulis kurang dari 1000 kata sesuai persyaratan eh… ternyata jadi kepanjangan. Tapi karena sudah terlanjur ya sudah lah, itung-itung ikut meramaikan saja walaupun bukan sebagai peserta, dan semoga saja blogpost pertama di bulan Juni ini bisa bermanfaat bagi pembaca (termasuk Saya), terutama untuk teman-teman sesama blogger. Yuk, jadi blogger keren.

# Definisi Blogger Keren

Saya yakin layaknya profesi lain blogger pun tentu punya keinginan untuk mencapai kesempurnaan atau setidaknya ideal. Katakan saja puncak kesempurnaan itu adalah menjadi blogger keren. Yang jadi masalah blogger berbeda dengan kebanyakan profesi lain, misalnya seperti wartawan dan dokter yang memiliki standar atau rule of conduct yang jelas untuk mencapai kesempurnaan tersebut.

Akibatnya ketika ada pertanyaan “apa definisi dari blogger keren itu?” kita tidak akan bisa menjawabnya dengan pasti, karena dari sekian banyak blogger akan menjawab sesuai dengan perspektif yang didasari oleh pengetahuan dan tujuan masing-masing individu dalam menjalani profesinya sebagai blogger.

Kalau tidak percaya silahkan ajukan pertanyaan tersebut kepada dua orang blogger yang punya fokus berbeda, misalnya yang satu fokus afiliasi, sedangkan yang lainnya adalah seorang traveling blogger.

A: “Menurut Saya blogger keren itu yang bisa keliling dunia gratis”

B: “Bukan ah, blogger keren itu yang banyak leads

Kalau begitu keadaannya maka semuanya akan berakhir seperti cerita orang dengan penutup mata yang mencoba mendefinisikan sesuatu dengan cara menyentuh bagian-bagian kecilnya saja.

definisi blogger sukses dan bagaimana untuk menjadi blogger sukses

sumber gambar belleproductions.co.uk diedit oleh Meutia Rahmah

Apa yang Kamu lihat dari gambar di atas?

Benar sekali… dalam berbagai hal Kita lebih senang untuk fokus dan terlena dengan bagian-bagian kecil dari apa yang seharusnya Kita lihat.

Ketika dihubungkan dengan hal ini maka bisa jadi jawaban yang berbeda-beda tadi sebenarnya adalah petunjuknya. Kalau begitu mari Kita cari the whole picture atau gambaran utuhnya.

Dari berbagai kemungkinan yang muncul ternyata blogger keren ini punya benang merah yang sama, yaitu sukses. Jadi hemat Saya sih sukses adalah satu-satunya definisi yang bisa mewakili semuanya.

Sampai disini setuju kan dengan definisi blogger keren?

# Formula Blogger Keren

Anggap saja saat ini Kita sudah punya definisi dari blogger keren, yaitu sukses. Tapi tentu pencarian ini tidak berhenti sampai disini. Untuk mengejar impian dan menjadi sukses tentu Kita harus mencari jalan untuk mencapai kesuksesan tersebut, caranya ya dengan mempelajari ilmu, kaidah atau metode-metode yang diperlukan.

Caranya?

Jika bicara soal teknis, maka akan ada 101 bahkan ribuan panduan yang tidak mungkin untuk dimanifestasikan dalam sebuah blogpost. Rumit, ribet juga memakan waktu.

Kalau gitu bagaimana jika Kita mulai dengan yang mudah tapi sesuatu yang mendasar, pilar atau katakanlah formula yang bisa kita jadikan pegangan agar tidak tersesat.

bukan dari dokter, bukan dari tukang cilok, dan yang pasti bukan dari Saya. Nah, dalam hal ini formula tersebut adalah pattern-pattern yang sudah diterapkan oleh para blogger yang sudah sukses, diantaranya:

1. Pass on Something Good

Saya teringat oleh ucapan Morgan Freeman di sebuah film berjudul Lucy. Dalam adegan tersebut dia berkata bahwa sebuah sel yang merupakan dasar bagi kehidupan tidak memiliki tujuan yang lebih tinggi kecuali menyebarkan sesuatu yang telah dipelajari/dialaminya kepada sel-sel lain.

You know… If you think about the very nature of life-I mean, on the very beginning, the development of the first cell divided into two cells-the sole purpose of life has been to pass on what was learned. There was no higher purpose

Nah, dalam kaitannya dengan hal ini apa yang bisa kita jadikan higher purpose untuk mencapai kesuksesan?

Mari kita perhatikan pola-pola yang dilakukan oleh para blogger yang sudah sukses dan pantas Kita labeli keren…

Pada akhirnya Kamu akan menemukan bahwa rahasia kesuksesan mereka adalah berasal dari budaya pass on something good, atau kultur memberi dan berbagi sesuatu yang telah mereka pelajari, kuasai atau yang sudah mereka alami, lalu diaplikasikan dalam bentuk konten yang:

  • Bermanfaat, sesuatu yang tidak membahayakan/merusak, dan sesuatu yang dicari dan banyak dibutuhkan oleh pengguna internet
  • Menghibur, sesuatu yang bisa menyenangkan dan menyejukan hati orang-orang
  • Informatif & Edukatif, informasi yang bisa mendidik dan mencerahkan orang-orang

Jadi blogger sukses dan keren itu bukan tentang banyaknya pengunjung blog, mendapatkan job menulis atau hal lain yang selama ini jadi impian Kita dong?

Secara pribadi Saya tidak berpendapat bahwa punya visitor banyak atau hal-hal semacam itu tidak diperbolehkan jadi tolak ukur kesuksesan, tapi di sini Saya hanya mengingatkan bahwa profesi blogger itu punya tujuan utama yang tidak kalah pentingnya.

Dalam banyak kasus terlalu fokus terhadap hal-hal semacam itu akan menggiring blogger untuk melakukan hal yang merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Contohnya, ada yang terlau fokus dengan SEO jadi terobsesi dengan baclink lalu jadi spammer demi menyebarkan tautan. Ada yang terlalu banyak menerima sponsored post secara tidak langsung membuat blognya menjadi dummy blog dan bagian dari link building yang merusak ekosistem dan algoritma mesin pencari.

Nah, itu baru sebagian saja…

Jadi pada kesimpulannya jangan menjadikan materi sebagai tujuan utama.

Mari tetap fokus untuk berbagi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat yang positif… Anggap saja impian-impian tadi adalah bonus jika Kita bisa membuat hal-hal yang bermanfaat.

…semakin besar manfaatnya untuk orang lain maka semakin banyak yang akan Kamu dapatkan

2. Open Minded & Good Learner

Bicara soal profesi blogger tentu tidak akan lepas dari teknologi dan aktifitas yang kompleks. Misalnya nih jika dilihat dari hal yang mendasar seperti membuat konten saja sudah terdiri dari beberapa tahap yang rumit.

Loh kok rumit, kan cuma menulis?

Yakin hanya menulis? Coba pikirkan…

  • Menulis artikel
    Agar tulisan menjadi menarik, bisa dipertanggungjawabkan dan bermanfaat itu butuh pengetahuan, riset dan waktu

  • Membuat Ilustrasi
    Ada kalanya konten memerlukan ilustrasi. Jika bentuknya gambar maka memerlukan pengetahuan tentang desain grafis, jika kontennya foto maka sedikitnya harus tahu tentang fotografi, jika kontennya video?

  • Optimasi
    Mencari cara bagaimana caranya agar konten dapat dibaca, gampang diakses juga ditemukan oleh pembaca yang tepat.

Sudah jelas kan sekarang, jadi blogger keren itu harus menguasai banyak hal. Tidak cukup hanya dengan menguasai satu atau dua keahlian. Nah, untuk mengimbanginya seorang blogger harus punya modal, yaitu open minded dan harus bisa jadi good learner.

Yang Saya maksud dengan Open minded itu adalah harus punya pikiran terbuka, mau menerima perubahan-perubahan yang ada dan beradaptasi. Sedangkan good learner itu lebih ke kemauan untuk mempelajari sesuatu.

“Aduh susah ya, gimana dong saya gaptek…”

Gini deh, tidak ada sesuatu yang instan dan semua itu butuh proses. Sama halnya ketika pertama kali membuka kontrol panel blog, linglung dan tidak tahu harus bagaimana. Tapi dengan proses belajar dan berjalannya waktu akhirnya bisa juga bukan?

Begitu pun dengan hal-hal lain yang berhubungan dengan aktifitas seorang blogger. Semua ini tentang bagaimana Kita mau belajar juga beradaptasi, dan kuncinya adalah open minded dan mau jadi pembelajar yang baik.

Apa yang harus dipelajari?

Banyak hal, terutama yang selama ini luput dari perhatian Kita. Misalnya jika saat ini kamu hanya fokus menulis maka pelajarilah hal lain yang tidak kalah pentingnya, misalnya dengan melakukan optimasi seperti SEO atau mengamati pattern yang sudah dilakukan oleh blogger sukses.

3. X Factor

Jadi blogger keren itu harus punya faktor x, sesuatu yang membuat menarik dan punya nilai plus dibandingkan dengan yang lain. Memang ini bukan perkara yang mudah, dan tidak semua blogger bisa memilikinya, tapi jika Kita sudah menemukan kuncinya maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Salah contoh nyata blogger keren yang punya faktor x ini adalah Almarhum Moechamad Adi Mariyanto, atau yang kita kenal dengan sebutan Cumi Lebay.

Kuncinya adalah terletak dari originalitas. dalam hal ini yang saya maksud bukan dalam artian teknis (bukan copy paste) melainkan lebih kepada bagaimana cara blogger mempresentasikan diri dan cara menyajikan konten menjadi sesuatu yang berkarakter.

Bagaimana caranya agar original dan memiliki karakter?

Jadilah diri sendiri, artinya mulailah dari sesuatu dikuasai atau minimal Kamu senangi dan selalu lakukan dengan penuh totalitas. Adapun sebagai bumbu pelengkapnya adalah buatlah semenarik mungkin. Full range of emotion full range of styles

4. Persistance & Consistance

Gigih dan konsisten, karena seorang blogger keren itu tahu bahwa kesuksesan itu bukanlah hal yang instan, butuh waktu yang panjang dan berliku-liku. Ada proses belajar, proses menjalani trial & error dan tahap-tahap lain yang mau tidak mau harus dilewati.

Intinya dibalik kemewahan, materi dan kesenangan lain yang Kita lihat dari para blogger keren itu tidak datang dengan sendirinya karena semua yang mereka dapatkan adalah hasil dari kegigihan dan konsistensi dalam berkarya.


Sum

Dibagian akhir tulisan ini Saya berharap Kita dapat memetik beberapa poin penting yang bisa dijadikan acuan dan pegangan untuk menjadi blogger yang lebih baik lagi, terlepas apakah Kita menjalaninya sebagai hobi atau secara profesional.

Nah, bagaimana dengan Kamu, siap untuk menjadi blogger keren dan menjalani cara keren yang mereka lalui?