Edukasi dan Peran Keluarga Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa
2018-03-11 14:44:31 +0700 +07

Tidak dipungkiri lagi bahwa edukasi memberi pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya intelektual anak, pun dalam skala yang lebih besar yaitu sebagai kunci kemajuan bangsa. Tidak heran jika tumbuhnya kesadaran tersebut membuat animo para orangtua untuk mengikutsertakan anak dalam berbagai jenis pendidikan semakin bertambah besar.

Untuk saat ini kursus adalah pendidikan non formal yang paling banyak diminati, jenisnya sangat variatif, untuk anak usia dini biasanya lebih banyak diisi oleh hal-hal yang dapat melatih sisi kognitif, sedangkan di jenjang yang lebih tinggi anak lebih cenderung memilih bimbingan belajar untuk mengasah pelajaran yang mereka ikuti di sekolah.

Sebuah studi mengatakan bahwa setiap anak biasanya mengikuti 2 hingga 3 kursus di luar jam sekolah mereka. Jika data tersebut benar maka anak-anak akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar di dalam kelas.

Apakah kuantitas jam belajar di kelas merupakan hal yang positif?

Di atas kertas tentu saja ya. Dengan tingginya jam belajar kita bisa berasumsi bahwa generasi penerus bangsa ini akan memiliki tingkat intelektual yang baik di tengah era globalisasi yang semakin kompetitif dan penuh tantangan.

Edukasi & Quality Time Anak

Finlandia adalah salah satu negara sukses dengan pola pendidikannya yang out of the box, dan ternyata rahasia kesuksesan mereka adalah hal sederhana yang selama ini kita lupakan yaitu memperhatikan aspek-aspek yang akan mempengaruhi perkembangan anak, salah satunya adalah yaitu quality time anak.

Yang membuatnya menjadi menarik adalah pola pendidikan yang mereka terapkan ternyata mementahkan apa yang selama ini terpatri dalam pikiran kita, yang cenderung menekankan ukuran sukses dari kuantitas waktu belajar.

Apa yang sih dimaksud dengan quality time itu?

Quality time adalah waktu yang mencukupi untuk kegiatan yang seharusnya anak-anak lakukan, seperti belajar, bermain, bersosialisasi dan beristirahat. Kegiatan-kegiatan tersebut lebih dominan dilakukan di sekolah dan rumah, yang jadi pertanyaan adalah apakah porsi waktu yang mereka lakukan sudah seimbang?

Pada prakteknya rata-rata anak sekarang lebih banyak menghabiskan keseharian mereka di luar rumah, seperti sekolah, 1 atau 2 kelas kursus, ditambah berjam-jam waktu yang dihabiskan dalam perjalanan.

Jadi isu sebenarnya dihadapi saat ini sebenarnya adalah quality time anak di rumah, dimana orangtua ditantang untuk bijak dan menjaga keseimbangan antara pendidikan dan waktu anak untuk keluarga dan aktifitas lain yang tak kalah penting.

Kenapa rumah? rumah adalah lingkungan sosial yang memiliki peran penting dalam membangun karakter dan intelektul anak. Di sana ada orangtua dan keluarga yang sudah seharusnya menjadi tempat anak untuk menyerap nilai-nilai dan norma positif yang dapat menjadi bekal mereka dalam ruang lingkup kehidupan yang lebih luas.

One Stop Education of Excellence

Jika masalahnya adalah quality time, Haruskah orangtua harus mengurangi waktu anak di luar rumah, seperti mengurangi jam belajar atau kelas les yang mereka ikuti? Sebaiknya tidak, apalagi jika dirasakan masih dalam porsi yang wajar.

Alih-alih mengurangi aktifitas belajar orangtua bisa mencari win-win solution yang lebih bijak, misalnya dengan memilih tempat les atau kelas kursus yang lokasinya berdekatan, sehingga waktu yang sebelumnya dihabiskan dalam perjalanan bisa dialihkan untuk aktifitas rumah.

Salah satu tempat yang cocok dengan kriteria tersebut adalah Edu Center, yaitu mall edukasi pertama dan terbesar yang ada di Indonesia.

Dengan konsep one stop education of excellence, Edu Center menawarkan manfaat yang tidak bisa didapatkan di tempat kursus biasa, diantaranya adalah:

  1. Fasilitas & Suasana Yang Nyaman
    Edu Center menawarkan suasana mall yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti playground dan foodcourt. Dengan begitu anak-anak dipastikan dapat lebih nyaman dan mudah beradaptasi.

  2. Ragam Pilihan Kelas Kursus
    Ada lebih dari 20 institusi pendidikan ternama berbagai macam kursus yang mereka tawarkan, mulai dari kelas seni, musik, menari, bahasa, matematika, kimia dan yang lainnya.

  3. Interaksi Sosial
    Anak akan lebih terbiasa dalam berinteraksi dengan lingkungan baru, karena mereka bisa bermain dan bersosialisasi secara nyata dengan teman baru dari berbagai sekolah dan latar belakang yang berbeda.

  4. Lokasi Strategis
    Lokasinya yang sangat strategis, dimana ada lebih dari 30 sekolah dan perguruan tinggi ternama yang berdekatan dengan Edu Center.

  5. Mempersingkat Waktu
    Lokasi kursus yang berada dalam satu atap tentu akan mempersingkat waktu, dengan begitu mereka akan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga atau kegiatan lainnya.

Tertarik dengan Edu Center? informasi lengkapnya bisa diakses secara online di www.educenter.id atau bisa mendatangi langsung Kavling Commercial International School Lot 2 no 8, Jl. Sekolah Foresta BSD City, Tangerang Banten.


Pada akhirnya kita bisa menarik kesimpulan bahwa kunci keberhasilan bangsa berawal dari edukasi yang terintegrasi dari berbagai aspek, sehingga akan menghasilkan generasi-generasi intelek yang berkualitas dan berkepribadian yang luhur.