Asus GX800 Laptop Gaming Terbaru untuk Gamers Pro
2018-02-22 18:08:03 +0700 +07

Maret 2017 ini Asus kembali meluncurkan produk high-end bernama GX800. Laptop dari jajaran ROG ini digadang-gadang memiliki spesifikasi gahar, karena menggunakan prosesor canggih Intel core i7-7820HK dengan clock speed yang bisa merubah laptop menjadi monster game sekelas gaming dekstop.

Mengingat pendahulunya sudah memiliki teknologi yang serba wah, para gamers tentunya jadi penasaran dengan pembaharuan apa saja yang dibawa oleh laptop gaming milik ASUS ini.

Premium Design

Dalam hal desain laptop ini hampir menyerupai pendahulunya yaitu GX700, saya sendiri hampir tidak melihat perbedaan yang mencolok jika melihat sekilas.

Desain Asus GX800

Walaupun begitu, laptop dengan cover aluminium ini tetap terlihat berkelas dan ‘nge-game’ banget, apalagi kesan futuristik warna metallic grey sangat dominan menghiasi badan laptop yang memiliki logo keren menyala.

Wajar juga sih, mengingat ASUS punya banyak perangkat gaming, dan desain yang iconic bisa menjadi identitas dari produk-produk tersebut, khususnya untuk varian ROG.

Prosesor Intel Generasi Terbaru

Intel core i7-7820HK adalah prosesor super canggih yang dipilih ASUS sebagai dapur pacu ROG GX800. Prosesor generasi teranyar dari Intel ini memungkinkan gamers untuk membuat komputer bekerja sampai ambang batas paling ekstrim.

Yang membuatnya spesial adalah kemampuan dalam hal clock speed. Prosesor Intel terbaru dari generasi Kaby Lake ini bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 4,6GHz ketika digunakan dalam mode ekstrim.

Tampilan Asus GX800

Karena bekerja lebih cepat maka laptop dapat lebih menghemat daya dan bekerja lebih baik, bahkan ketika memproses data dari aplikasi atau aktifitas komputing yang berat seperti bermain game, editing dan rendering video.

Konfigurasi clock speed bisa diatur dengan mudah melalui sebuah aplikasi pre-instal bernama ASUS Game Center. Tidak hanya prosesor, melalui tools tersebut gamers bisa mengontrol performa kartu grafis dan berbagai kustomisasi lainnya.

Ok, diatas kertas prosesor ini boleh dibilang yang terbaik. Bagaimana kenyataannya? Nah ternyata dari beberapa test benchmark memperlihatkan bahwa pada mode ekstrim, Intel core i7-7820HK bisa mengalahkan prosesor sekelas Intel Xeon.

4K Ultra HD Screen

Secara teknis laptop gaming membutuhkan layar dan kartu grafis yang mumpuni agar mampu menampilkan gerakan visual dengan sempurna, nah begitu juga dengan GX800.

Laptop canggih ini dibekali layar LED ultra HD berukuran 18,3″ yang disokong oleh teknologi in-plane switching (IPS). Dengan teknologi tersebut gamers bisa mendapatkan sudut pandang terbaik hingga 178º, baik horisontal maupun vertikal.

Untuk memastikan kenyamanan pengguna, layar dengan resolusi 3840 x 2160 ini sudah dilengkapi oleh fitur dan teknologi terbaik seperti

  • Finishing Matte yang dapat mengurangi pantulan cahaya dari sekitar, sehingga mata tidak mudah lelah.
  • Splendid Display, fitur yang dapat mengatur tampilan warna dan cahaya layar dalam 4 mode, yaitu normal, eye care, vivid dan manual.

Teknologi 2 Way SLI Graphic

Jika pada GX700 terdapat sebuah VGA maka lain ceritanya dengan laptop yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung demi menggenjot kinerja grafis ROG GX800 menggunakan VGA 2 Way SLI GTX1080.

Sebagai informasi, 2 Way SLI adalah teknologi terbaru dari Nvidia, dimana 2 buah kartu grafis dengan VRAM 8GB pada setiap unitnya bekerja bersamaan secara tandem.

No shutter, no lag… ucapkan selamat tinggal kepada gambar dan gerakan yang patah-patah.

Berkat VGA dengan total VRAM 16GB, kita bisa menikmati detail dan mulusnya 60 frame gerakan di setiap detiknya, ditambah lagi dengan integrasi refresh rate yang ada pada layar dengan GPU berkat fitur G-SYNC.

Extreme Cooling System

Ketika mengunakan mode normal, CPU yang ada laptop gaming terbaru ini bisa dipacu hingga 4,2GHz, dimana gamers masih dapat bermain game HD hanya dengan mengandalkan kipas laptop yang disetel hingga level 100.

Tapi bukan monster game namanya kalau kekuatannya hanya sampai disitu…

Nah, dalam situasi tertentu yang membutuhkan performa ekstrim, kita bisa merubah monster game ini menjadi lebih buas dengan menggunakan teknologi hydro overclocking system yang terdapat dalam dock.

Saat laptop digunakan dengan docking mode — laptop terpasang dengan dock, cairan pendingin khusus akan dipompa masuk kedalam laptop mengaliri CPU dan kedua kartu grafis untuk mengeluarkan hawa panas yang nantinya dibawa keluar menuju radiator dock.

Dengan mode tersebut kecepatan prosesor bisa didongkrak hingga batas 4,6GHz dan untuk kartu grafis 2075MHz, sedangkan VRAM dan DRAM sebesar 5200MHz dan 2800MHz.

Tempat Penyimpanan & Memori Yang Super Besar

Untuk menyokong kebutuhan penyimpanan data yang besar, GX800 dilengkapi dengan 3 keping PCIE Gen3X4 SSD (RAID0) dengan total kapasitas penyimpanan 1,5TB. Gabungan Solid State Drive (SSD) Samsung dengan slot PCIE membuat GX800 menjadi laptop dengan tempat penyimpanan tercepat saat ini, yaitu 20GB per detik.

Beralih ke memori, saya sampai dibuat geleng-geleng kepala dengan spesifikasi RAM-nya yang mencapai 64GB. Dengan memori sebanyak itu coba bayangkan bagaimana mulus dan cepatnya membuka berbagai aplikasi tanpa mengalami hang karena sistem yang bentrok.

Colorful Mechanical Keyboard

Sebagai elemen kontrol, keyboard ikut mengalami perombakan besar-besaran. Papan dengan single LED yang digunakan pada GX700 kini diganti oleh sebuah mechanical keyboard baru dengan lampu RGB yang lebih kaya warna.

Keyboard Asus GX800

Paduan antara mechanical keyboard dan teknologi anti-ghosting memastikan setiap tekanan lebih akurat, empuk, nyaman bahkan ketika ditekan secara bersamaan.

Tidak cukup disitu saja, tampilan warna lampu keyboard baru ini bisa kita atur sesuai keinginan melalui fitur aura yang ada pada tools Game Center.

Pun dengan mouse-nya, Gladius. Tetikus dengan desain keren yang memang khusus diperuntukan sebagai controler game. Tetikus ini bisa mengatur DPI hingga 6400, sehingga gamers bisa mendapatkan kontrol yang lebih responsif.

Sound System

Hal tipikal yang biasa dari kebanyakan laptop adalah faktor suara, dimana kita harus bersusah payah menambah sound system eksternal demi mendapatkan suara yang enak didengar, ribet bukan?

Tapi hal tersebut tidak berlaku di laptop ini. ASUS SonicMAster yang didukung oleh built-in chip dan subwofer serta 4 buah speaker membuat suara yang dihasilkan GX800 tidak terdengar seperti laptop pasaran pada umumnya. Halus dan detail…

Streaming Friendly

Melakukan chat party atau berbagi permainan melalui platform video online seperti YouTube dan Twicth sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi para gamers.

Nah untuk mendukung keperluan streaming, ASUS melengkapi ROG GX800 dengan Dual Array Microphone yang dipadukan dengan teknologi Noise Supression, sehingga suara yang ditangkap lebih jelas dan jernih tanpa gangguan suara berisik dari sekitar.

Konektifitas

Untuk mendukung layar eksternal GX800 menyediakan port HDMI 2.0 pada salah satu sisinya, ditambah display port 1.3 bisa dimanfaatkan sebagai penunjang dual 4K monitor dengan refesh rate 60Hz.

Selain itu ada 2 buah port USB 3.1 tipe C yang mendukung fitur Thunderbolt, 3 buah USB 3.0 tipe A, port audio, LAN, 2-1 card reader serta kensington lock sebagai pengaman. Oh ya, sebagai koneksi alternatif, antena tambahan memungkinkan gamers bisa memanfaatkan jaringan Wifi dengan sinyal yang lebih baik dari Wifi biasa,

Keren, dan canggih… meskipun terlihat bongsor dan agak ribet untuk dibawa kesana kemari. Tapi bagaimanapun juga GX800 tetaplah sebuah laptop portable yang dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi tinggi tingkat dewa.

Dengan laptop ini kita bisa melakukan aktifitas gaming, komputing yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh sebuah workstation dan gaming desktop.

Kabarnya GX800 ini dijual secara terbatas dengan harga yang hampir menyamai sebuah mobil. Nah kalau kamu bukan gamers pro atau kelebihan uang jangan berharap banyak bisa memiliki laptop sultan ini ya.