Typora Membuat Penulis Lebih Produktif Dalam Menulis
2018-09-12 13:32:14 +0700 +07

Kalau perkerjaan yang Kamu lakukan gak jauh dari menulis pasti tidak asing lagi dengan aplikasi word processor (pengolah kata) seperti Word atau Open Office, ya kan?

Tidak heran sih juga kalau keduanya lekat dengan aktifitas yang dilakukan para penulis, blogger hingga content writter. Bisa jadi karena fitur yang lengkap dan multi-fungsi, jadi bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Sejauh ini mungkin tidak ada yang salah dengan menggunakan aplikasi semacam Word. Kasarnya sih Kita bisa menulis untuk berbagai keperluan, dari dokumen hingga draft blog dan buku.

…tapi bukan berarti Word tidak punya kekurangan.

Masih Menulis Draft Blog dan Buku di Word?

Apa yang salah dengan menulis di Word, kan fiturnya lengkap dan bisa membuat Kita produktif dalam menulis. Yakin? Coba pikirkan hal-hal di bawah ini:

  1. Berat & Lemot.
    Dengan berbagai alasan penulis dan blogger lebih senang memilih perangkat yang portable, dalam hal ini adalah notebook.

    Notebook low-end + Word = lemot dan berat. Itu fakta loh, karena Kita akan berurusan dengan perangkat yang memiliki keterbatasan dalam performa.
  2. Terlalu Banyak Fitur & Menu
    Mungkin tidak terlalu mengganggu tapi kalau betul-betul disadari kadang menu dan fitur yang berjibun malah terkesan mubazir dan membuat Kita gagal fokus.

    Kalau tidak percaya silahkan buat ceklis, berapa persen sih fitur dan menu yang digunakan untuk mengerjakan aktifitas menulis, mubazir kan?
  3. Berbayar
    Seperti yang kita ketahui Word adalah aplikasi berbayar. Artinya, kalau mau menggunakannya secara sah dan legal maka Kita harus membeli lisensinya.

Nah, wajar juga dong kalau Saya simpulkan aplikasi semacam Word terbilang overkill atau terlalu berlebihan untuk urusan menulis draft blog dan buku.

Meet Typora

Typora di Windows 10

Punya pikiran untuk mencari alternatif lain yang lebih masuk akal? Kebetulan sekali nih, karena pada kesempatan ini Saya ingin berbagi tentang sebuah aplikasi menulis yang kekinian.

Namanya Typora. Seperti lumrahnya aplikasi pengolah kata, Typora ini bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam berbagai aktifitas menulis. Tapi tentu dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya.

Lalu apa saja kelebihannya? Ok, that’s a good point. Tentu Kita harus argumen yang kuat untuk beralih dari aplikasi yang digunakan sebelumnya bukan.

1. 100% Gratis

Kebaikan pertama yang bisa didapatkan dari Typora adalah Kamu tidak perlu mengeluarkan seperserpun. Gratis? Yup Typora tersedia untuk publik secara gratis loh.

Nah, kalau saat ini dompet kamu belum mencukupi untuk menggunakan aplikasi yang berbayar maka Typora bisa jadi pilihan yang tepat untuk aktifitas menulis mu.

2. Ringan & Minimalis

Readable & Writeable. Sesuai dengan tagline tersebut Typora dibuat sedemikian rupa agar memiliki tampilan yang modern dan minimalis.

Pun dalam hal performa, Typora bisa berjalan dengan mulus di perangkayt low-end tanpa membuat komputer lemot dan berat.

3. Fokus Menulis Tanpa Gangguan

Ucapkan selamat tinggal kepada tetikus, toolbar dan menu yang membuat sesak layar komputer ketika menulis. Kamu bisa fokus dengan tulisan, keyboard dan trackpad saja.

Loh kalau tidak ada toolbar bagaimana cara mengatur dan memformat teks?

Ketika menggunakan aplikasi ini Kamu akan menulis dengan menggunakan format markdown, dimana aktifitas format teks cukup dilakukan melalui keyboard atau menggunakan trackpad.

Nah, dengan begitu Kita bisa jadi lebih fokus dan produktif dalam menulis…

Untuk yang belum tahu tentang markdown silahkan baca postingan Saya terdahulu di Panduan Menulis dalam format Markdown.

4. Aksesibilitas

Seluruh aktifitas menulis yang biasanya mengunakan aplikasi Word bisa dikerjakan oleh Typora, seperti:

  • Mengatur Format Teks
  • Mengatur File & Folder
  • Outline Panel
  • Membuat Table & Diagram
  • Rumus Matematika
  • Membuat Footnote
  • Word Count

Gimana lengkap bukan? Itu baru sebagian saja loh…

Selain fitur tadi Typora punya kemampuan untuk mengekspor tulisan kedalam berbagai format, seperti docx (Word), PDF, Epub dan yang lainnya.


Sum

Sebagai aplikasi gratis dengan fitur premium Typora cukup layak untuk digunakan sebagai pengganti Word. Apalagi jika dilihat dari kemampuannya yang membuat Kita lebih nyaman dan fokus ketika menulis.

Ingin lebih produktif? Yuk pasang Typora di komputer mu.

Typora bisa dipasang di Windows, Linux dan OS X. Aplikasinya bisa kamu unduh secara langsung di halaman resminya, yaitu Typora.io

Selamat menulis…