Menghapus Media yang Tidak Terpakai di Wordpress
2018-03-16 16:34:20 +0700 +07

Storage atau quota penyimpanan file punya andil besar bagi keberlangsungan self-hosted blog seperti Wordpress. Semakin besar maka akan semakin besar juga tempat untuk menyimpanan konten dan vice versa, jika sedikit maka konten akan semakin terbatas.

Tempat penyimpanan tersebut akan diisi oleh script Wordpress, theme, plugin dan database, sedangkan sisanya adalah media seperti gambar yang diunggah dalam setiap postingan. Dalam hubungannya dengan kapasitas penyimpanan pengguna Wordpress harus lebih cermat memperhatikan media, karena nantinya akan lebih dominan dalam menguras quota storage.

Nah, yang menjadi masalah sebenarnya bukan terletak dari sedikit atau banyaknya jumlah gambar yang diupload tapi lebih kepada akumulasi gambar yang sebenarnya sama sekali tidak terpakai. Adapun sumbernya bisa berasal dari:

  1. Generated Image
    Wordpress punya kemampuan memproses gambar secara otomatis. Setiap gambar yang diunggah akan diduplikasi menjadi beberapa file dengan ukuran yang berbeda-beda. Pada prakteknya hanya sebagaian dari gambar tersebut yang digunakan, sisanya tentu akan menjadi sampah di storage.

  2. Posting & Widget Yang Dihapus
    Gambar yang tersimpan dalam posting dan widget akan tetap tersimpan dalam storage meskipun postingan dan widget tersebut sudah terhapus.

Sebagai test case saya akan meggunakan backup meutiarahmah.com versi Wordpress di localhost sebelum saya melakukan migrasi ke Hugo. Dalam versi Wodpress tersebut saya memiliki ratusan gambar dengan total ukuran 341 MB, dan ternyata setelah saya buang yang tidak terpakai ukurannya berkurang menjadi 166 MB.

Sebelum dan setelah

Nah kelihatan kan ternyata lebih dari 50% gambar yang tersimpan sebagai media adalah sampah. Dengan perbandingan tersebut bisa jadi 12 dari kapasitas penyimpanan yang kamu gunakan diisi oleh gambar yang tidak berguna.

Media Cleaner

Media  CleanerSatu-satunya cara praktis menghapus media gambar yang tidak terpakai adalah menggunakan plugin bernama Media Cleaner. Selain efisien cara ini lebih aman ketimbang menghapus secara manual yang lebih beresiko. Untuk menyingkat waktu berikut panduan dan cara penggunaannya.

Langkah #1: Install

Install melalui dashboard » plugins » add new lalu ketikan Media Cleaner, atau download melalui halaman resmi di tautan ini lalu unggah. Jangan lupa aktifkan setelah Media Cleaner terunggah.

Langkah #2: Konfgurasi

Setelah plugin aktif kamu akan menemukan bilah Meow Apps, pilih Media Cleaner lalu lakukan sesuaikan konfigurasi scanning seperti gambar dibawah ini. Sisanya biarkan secara default saja.

konfigurasi plugin media cleaner

Langkah #3: Backup atau aktifkan fitur trash

Plugin ini berkerja dengan cara melakukan scan untuk mendeteksi gambar yang tidak terpakai secara akurat, tapi demi safety saya anjurkan untuk mengaktifkan fitur trash yang ada dalam media cleaner dengan cara edit wp-config.php melalui Cpanel hosting lalu tambahkan kode di bawah ini.

define( 'MEDIA_TRASH', true );

Gak mau ribet atau takut oprek2 script? tenang aja… Cara diatas bisa diganti dengan membackup data Wordpress. Kalau belum punya plugin backup silahkan pasang terlebih dahulu.

Langkah #4: Scanning & menghapus media yang tidak terpakai

Bagian terakhir dari keseluruhan rangkaian ini adalah melakukan scan atau mendeteksi media yang sebenarnya sama sekali tidak digunakan.

scan media

Caranya masuk ke media » cleaner, lalu klik tombol start scan. Tunggu sampai plugin selesai mendeteksi seluruh media yang ada di tempat penyimpanan. Setelah plugin selesai menganalisa klik refresh lalu kamu bisa menyeleksi gambar mana yang akan di hapus.

hapus media

Jika sebelumnya kamu mengaktifkan media trash maka akan ada pilihan untuk memindahkan gambar yang terdeteksi tidak terpakai ke dalam trash, tapi jika tidak kamu bisa langsung klik tombol delete all.


Nah, dengan menghapus media gambar yang tidak terpakai tempat kapasitas penyimpanan bisa lebih efisien. Kamu bisa lebih tenang dalam membuat konten tanpa harus was-was kehabisan storage atau membuang uang dengan menambah quota.

salam…