Phobia Lubang Trypophobia
2018-02-21 16:45:04 +0700 +07

Phobia lubang mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari mengalaminya atau memang jarang mendengar. Biasanya phobia yang sering dialami oleh kebanyakan orang itu seperti phobia ketinggian, phobia darah, dan lain-lainnya, reaksi yang ditimbulkan oleh phobia lubang juga hampir sama seperti phobia lainnya.

Seperti yang kita tau bahwa phobia adalah rasa takut yang berlebihan akan sesuatu hal. Rasa ketakukan yang berlebihan tersebut bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda pada tiap orang.

Phobia lubang atau disebut dengan Trypophobia, banyak orang mengidap phobia ini tapi malah justru tidak menyadarinya. Bahkan itu terjadi pada saya sekarang ini, sebenarnya saya merasakan phobia ini sejak lama, seingat saya mulai SMA saya sudah mengalaminya.Setiap melihat lubang-lubang kecil saya merasa sangat tidak nyaman, lalu merinding baik saya melihat langsung objeknya ataupun saya hanya melihat dari gambar.

Lalu lubang yang bagaimana yang membuat saya merasa tidak nyaman? Misalnya seperti lubang-lubang kecil pada pohon, ataupun pernah kan ngeliat sarang lebah., nah sarang lebah ini kan ada lubang-lubang kecilnya. Semua lubang-lubang kecil itu menghadirkan trypophobic lalu menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan reaksi ekstrem lainnya seperti rasa mual, gatal bahkan sampai lemas.

Namun untuk reaksinya alhamdulillah saya belum sampai pada tahap merasakan reaksi yang extrem seperti sampai mual ataupun gatal-gatal, tapi baru sebatas perasaan tidak nyaman, merinding dan kemudian saya akan terus mengingat objek yang saya lihat tersebut.

Hal ini sungguh tidak nyaman, saya baru mengetahui kalau ini adalah phobia lubang yang disebut trypophobia dari artikel yang saya baca di internet. Dua hari yang lalu lagi-lagi tanpa sengaja saya melihat objek yang terdapat lubang-lubang kecilnya, tepatnya saat saya membuka facebook dan instragram, di sana terpampang secara nyata sebuah foto yang ada lubang-lubang kecilnya, walhasil perasaan tidak nyaman, merinding seluruh badan saya langsung bereaksi.

Kejadian itu sudah dua hari yang lalu, tapi sampai saat saya menulis postingan ini saya masih merasa merinding seluruh badan, dan sampai sekarang foto itu tergambar jelas dalam otak saya.

Parahnya lagi tiap saya memejam mata untuk tidur, foto itu muncul begitu jelas sehingga beberapa hari ini saya merinding tak menentu. Sebelumnya saya juga mengalami phobia gelap dimana saya tidak bisa berada di ruangan yang gelap, apalagi mati lampu maka rasa takut muncul bahkan dada terasa sesak.

Bersyukur phobia gelap bisa saya lawan, akhirnya sekarang saya kembali normal tanpa takut gelap dan sudah bisa tidur dengan nyenyak tanpa menyalakan lampu tidur. Begitu juga dengan phobia ketinggian saya juga mengalaminya, setiap saya berada di tempat yang tinggi saya merasakan takut yang luar biasa, misalnya saya sedang berada di lantai tiga saat mengajar, saat melihat keluar jendela saya merasa takut karena ketinggian.

Tapi lagi-lagi alhamdulillah phobia ketinggian sedikit demi sedikit mulai teratasi walaupun sesekali saya masih merasakan sampai saat ini.

Nah sekarang saya merasakan phobia lubang, dan sekarang saya kembali harus melawannya sama seperti phobia gelap dan ketingian.

Yuk kita kenali gejala Trypophopia ini. Gejalanya bisa dikenali misalnya kamu setiap melihat lubang-lubang kecil lalu merasakan perasaan yang tidak nyaman yang sangat luar biasa, kemudian sampai menimbulkan rasa mual, muntah, gatal, bahkan lemas, merinding seketika seluruh badan. Kemungkinan jika seseorang yang mengalami hal ini bisa jadi untuk memberanikan diri untuk melihat lubang itu lalu berusaha keras untuk melupakannya, atau bahkan sebaliknya akan merasa geli bahkan sampai mual.

Kalau saya terkadang memberanikan diri untuk melihat lubang-lubang itu, walaupun seluruh badan saya merinding dengan maksud saya bisa melawan rasa phobia itu. Tapi tidak selamanya saya kuat untuk melihat objek dengan lubang-lubang kecil, namun adakalanya saya tidak mau melihatnya untuk menghindari supaya saya tidak terus mengingat objek tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? , dari beberapa artikel yang saya baca memang mengatasi phobia itu dengan melawannya, mungkin seperti cara saya melawan phobia ketinggian dan gelap tadi, tapi kok rasanya phobia lubang ini agak berat kalau saya melawannya harus melihat objeknya langsung, tapi untuk mengalihkan pikiran terhadap objek yang lihat bisa dengan melihat pemandangan yang hijau-hijau.

Biasanya saya begitu untuk mengalihkan pikiran saya terhadap objek yang membuat saya phobia lubang maka saya akan melihat yang hijau-hijau, saat perasaan kembali nyaman maka saya akan melupakan objek yang saya lihat sebelumnya.

Mungkin ada yang merasakan hal yang sama seperti saya, dan mungkin punya tips mengatasinya? bisa di share di sini ya sobat blogger.

Disclosure, sebagian post di meutiarahmah.com yang merupakan konten afiliasi, lomba menulis atau sponsored post mungkin terdapat link atau tautan yang menuju situs pihak ke-3.