Plugin Cache Terbaik untuk Wordpress
2018-03-09 01:44:09 +0700 +07

Menjalankan Wordpress? kalau ya, sebaiknya cek segera berapa lama waktu loading yang dibutuhkan untuk memuat setiap halaman. Untuk mengetesnya kamu bisa gunakan tools GTmetrix atau rasa-rasain sendiri dengan buka blog kamu. Jika hasilnya diatas 4 detik artinya kamu harus berbuat sesuatu.

Wordpress adalah aplikasi web yang berjalan secara server-side, artinya Wordpress memproses dan mengolah data secara real-time untuk setiap masing-masing permintaan user atau pengunjung. Nah, dalam kasus ini penyebab dari lambatnya waktu loading biasanya disebabkan oleh 2 hal yang berkaitan, yang diantaranya adalah

  1. Traffic atau jumlah pengunjung yang besar

  2. Banyaknya fitur dalam theme atau plugin yang dipasang

Jika salah satu atau kedua hal diatas terjadi maka muaranya akan berujung kepada beban server, yaitu semakin banyak data yang harus diproses untuk setiap permintaan halaman, dan itu akan menguras source hosting yang kamu miliki, seperti RAM & CPU dan ketika server bekerja diambang batas resource yang dimilikinya maka hal yang terjadi adalah blog susah diakses atau lemot.

Diposting kali ini saya akan mengurai tentang bagaimana cara membuat blog Wordpress milik mu lebih cepat dalam hal loading dengan memanfaatkan plugin yang menangani cache.

CACHE PLUGIN

Cache adalah hal yang berhubungan dengan komputasi, yaitu menyimpan data untuk sementara dalam waktu yang ditentukan. Dalam hubungannya dengan hal ini pengguna Wordpress bisa memanfaatkan plugin cache yang fungsinya untuk menyimpan data dari setiap halaman yang ada.

Ilustrasinya anggap saja ada sebuah halaman posting dengan url berikut https://domainkamu.com/tips-membuat-blog. Tanpa cache maka Wordpress selalu memproses apa yang harus ditampilkan setiap kali ada permintaan akses terhadap halaman tersebut.

Nah, dengan plugin cache Wordpress hanya perlu sekali proses, karena jika ada pengunjung lain yang mengakses halaman yang sama maka yang ditampilkan adalah data cache dari pengunjung pertama. Impact-nya sangat signifikan. Dengan berkurangnya proses data di server tentu beban resource pun berkurang yang tentunya akan mempengaruhi waktu loading.

Supaya tidak banyak basa-basi lagi berikut referensi plugin cache Wordpress terbaik yang bisa kamu pasang di blog.

WP Super Cache

WP Super CacheIni adalah plugin cache sejuta umat yang paling banyak digunakan, di halaman resminya tertulis bahwa plugin ini dipasang lebih dari 2 juta web atau blog yang menggunakan Wordpress. Selain gratis, penggunaannya pun relatif mudah karena pengguna tidak memerlukan banyak konfigurasi untuk mengaktifkan plugin ini.

Yang menjadi keunggulan lain dari WP Super Cache adalah cara kerjanya yang mampu menghasilkan konten statis dari setiap halaman yang ada di blog kamu dengan menggunakan mod_rewrite yang notabene lebih cepat dari plugin lainnya.

Tapi sayangnya cache tersebut hanya berfungsi untuk guest visitor atau pengunjung biasa. Jika penunjung tersebut melakukan login maka cache-nya tidak akan berfungsi, dan Wordpress akan memproses setiap permintaan halaman seperti biasanya.

Secara pribadi saya sangat menganjurkan untuk menggunakan WP Super Cache jika hosting yang digunakan tidak memiliki teknlogi cache yang built-in.

Tertarik menggunakannya? sila unduh di halaman resmi WP Super Cache

LiteSpeed Cache

LiteSpeedSekarang ini banyak shared hosting yang menggunakan teknologi web server bernama LiteSpeed. Nah kalau kebetulan hosting yang kamu gunakan server-nya sudah memiliki teknologi tersebut ada baiknya lebih memiliih plugin ini.

Plugin ini bekerja dengan berkomunikasi dengan teknologi LiteSpeed yang ada di level server untuk membuat versi cache dari setiap konten blog. Jangan coba-coba untuk menginstall plugin ini jika server hosting yang kamu gunakan tidak memiliki teknologi LiteSpeed, karena unfaedah alias tidak akan berfungsi.

Sebelum migrasi ke Hugo saya menggunakan beberapa cloud hosting yang menggunakan Litespeed. Dalam hal performa saya tidak terlalu merasakan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan plugin cache biasa seperti WP Super Cache, tapi dari beberapa referensi dan test yang saya cari di internet LiteSpeed Cache jauh lebih unggul.

Tertarik menggunakannya? sila unduh di halaman resmi LiteSpeed Cache

Sum

Waktu loading dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, dalam artikel ini memasang plugin cache di Wordpress adalah cara untuk mempercepat loading di lever server-side. Semoga dikesempatan lain saya bisa berbagi tips-tips mengurangi waktu loading di level client-side.

Salam…