Resep Terong Tumis Terasi
2018-02-19 15:02:07 +0700 +07

Kemarin sore iseng-iseng ikut ibu ke kebun yang tak jauh dari rumah, sudah lama juga tidak menjejakkan kaki disana. Hanya butuh 10 menit saja untuk sampai di sana, sambil berjalan-jalan saya melihat sekeliling ada pohon rambutan dan cempedak yang sedang berbuah. Tiba-tiba mata pun tertuju pada pohon terong, lansung saja donk saya memetik terong-terong tersebut.

“Ya emangnya mau dimasak apa terong itu?”. Ibu seketika bertanya penuh selidik.

“Oh besok terongnya mau dimasak, bu” Jawaban singkat saya membuat ibu sedikit meragukan akan masakan saya esok.

Lanjut keesokan harinya seperti biasa pekerjaan sehari-hari saya tetap menjadi  ibu rumah tangga. Dimulai dari masak, beresin rumah hingga nyuci. Nah hari ini saya mencoba untuk mengolah terong dari kebun kemarin, pakai resep yang gampang saja untuk dimasak dan tidak butuh yang lama.

Berikut ini resep terong tumis terasi yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah.

Bahan Utama

Bahan utama dari masakan ini adalah terong. terong ini banyak jenisnya tidak semua jenis terong jika dimasak tumis terasi itu enak. Nah kamu bisa memilih terong telunjuk, terong ini cocok untuk ditumis terasi, bentuknya seperti telunjuk. Lalu potong terong dengan bentuk yang diingikan.

Bumbu

  • Bawang Merah 4 siung
  • Bawang Putih 1 siung
  • 6 cabai merah (Jika ingin pedas bisa ditambah sesuai selera)
  • 1 buah tomat
  • Terasi udang
  • Garam (secukupnya)

Semua bumbu-bumbu di atas dihaluskan.

Cara Memasak

Panaskan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya, setelah minyak mulai panas masukkan semua bumbu-bumbu yang telah dihaluskan lalu beri garam . Tumis bumbu hingga harum  dan agak mengental .

Setelah bumbu agak mengental maka masukan potongan terong ke  dalam bumbu dan beri sedikit air agar terong dapat matang dengan merata. Tunggu sampai 10 menit, hingga bumbu meresap dan mengental . Setelah matang dan mengental tuangkan ke dalam piring untuk disajikan.

Praktis bukan? siapa pun bisa mencoba resep ini tanpa repot. Hanya dengan bahan-bahan sederhana di rumah kamu bisa dengan mudah memasak. Jangan lupa dimakan dengan nasi hangat dan ikan bisa menambah cita rasa