Tips Memilih Smartphone Baru
2018-02-23 02:00:46 +0700 +07

Bagi konsumen, makin maraknya varian smartphone di pasaran merupakan angin segar tersendiri, tapi dalam perspektif yang berbeda, terlalu banyak pilihan kadang membuat bingung dan bertanya kepada diri sendiri, smartphone apa ya yang bagus? Bagaimana cara memilih smartphone berkualitas? dan seterusnya…

Kunci dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya terletak pada ketelitian sebelum membeli, yaitu dengan mempertimbangkan hal-hal yang akan mempengaruhi kualitas smartphone, seperti berikut ini.

Segmentasi

Pada umumnya vendor smartphone melengkapi masing-masing produknya dengan spesifikasi dan keutamaan tertentu. Soal mana yang terbaik tentu akan tergantung kepada kebutuhan dan budget masing-masing. Untuk keperluan standar, kelas entry level dan mid-end tersedia dengan harga yang lebih terjangkau, namun jika butuh fitur ekstra maka pilihan terbaik akan jatuh kepada kelas high-end dan flagship.

  1. Smartphone Entry Level ~ Kisaran harga dibawah 1 juta. Dengan spesifikasi dan performa pas-pasan, smartphone kelas ini hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi standar. Cocok untuk pemula yang belum pernah menggunakan smartphone.
  2. Smartphone Mid-end ~ Kisaran harga antara 1 hingga 2 jutaan. Sudah dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur yang lumayan. Boleh dibilang nyaman jika digunakan untuk keperluan standar (telepon, pesan instan, foto, video, game dan aplikasi ringan)
  3. Smartphone High-end ~ Kisaran harga 3 hingga 4 jutaan dan dilengkapi spesifikasi yang terbilang wah. Kualitas kamera lebih baik, punya kemampuan multitasking dan mampu menjalankan aplikasi yang terbilang berat dengan mulus.
  4. Smartphone Flagship ~ Harga berkisar 4 juta ke atas. Spesifikasi HP flagship biasanya dilengkapi dengan fitur atau teknologi terbaru yang tidak dimiliki oleh segmen atau kelas di bawahnya.

Performa

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menilai HP terbaik, salah satunya adalah melalui hasil benchmark. Walaupun belum bisa terjamin keakuratannya, metode ini bisa dibilang lebih terukur karena CPU, GPU, RAM dan perangkat lainnya akan diuji secara menyeluruh.

Sebagai rekomendasi yang bisa dipercaya pilihlah penyedia benchmark yang sudah memiliki reputasi baik, sepeti Antutu dan Geekbench. Keduanya bisa diakses menggunakan aplikasi android atau ios, tapi kalau mau lebih praktis cukup dengan melihat skor smartphone yang sudah diuji di web resmi mereka.

Kamera

Sejatinya semakin besar resolusi kamera maka akan semakin bagus kualitasnya, tapi jangan terpaku kepada masalah resolusi karena ada kualitas kamera smartphone ditentukan juga oleh parameter lain seperti sensor, lensa dan fitur tambahan lainnya.

  1. Resolusi ~ Untuk kebutuhan fotografi standar, smartphone dengan kamera beresolusi 8 mega piksel sudah mampu menghasilkan foto yang layak, sedangkan untuk yang membutuhkan kualitas lebih sebaiknya pilih yang memiliki resolusi 12 mega piksel ke atas
  2. Aperture ~ Aperture adalah bukaan atau lubang diafragma lensa. Secara teori, semakin besar bukaan diafragma lenca maka semakin banyak cahaya yang masuk kedalam sensor, dimana foto yang dihasilkan akan lebih terang
  3. Sensor ~ Bagi kamera, sensor merupakan bagian vital yang berfungsi untuk memproses cahaya menjadi data digital yang akan ditampilkan dalam layar smartphone. Semakin besar ukuran sensor maka semakin baik kualitas yang dihasilkan
  4. Zoom ~ Kamera smartphone dengan lensa yang memiliki fitur optical zoom mampu memperbesar objek foto tanpa mengurangi kualitas, sedangkan pada digital zoom kualtas akan berkurang

Layar

Apakah layar sangat penting? Tentu saja iya… Dalam hal kenyamanan ada tiga kriteria yang harus diperhatikan dari layar smartphone, yaitu ukuran, resolusi dan teknologi.

Ukuran Idealnya ukuran layar tergantung kepada kebutuhan pengguna. Bagi yang terbiasa menggengam dan mengetik dengan satu tangan, mungkin smartphone berukuran 4 hingga 5,2 inch akan menjadi pilihan yang paling pas. Sebaliknya, jika akan digunakan sebagai pemutar video, gaming atau baca dan edit dokumen maka akan lebih nyaman menggunakan layar yang berukuran 5,5 inch keatas.

Resolusi Saat ini ada beberapa resolusi layar yang sering diadopsi oleh produk smartphone, yaitu 1280 x 720 piksel (HD), 1920 x 1080 (FHD), 2580 x 1140 pixel (QHD) dan 3840 x 2160 (UHD). Jika tampilan grafis penting buat mu, maka pilihlah resolusi yang memadai. Untuk smartphone berukuran di bawah 5 inch minimal memiliki resolusi HD atau FHD, sedangkan yang berukuran 5 inch keatas minimal memiliki resolusi QHD.

Teknologi Masing-masing vendor melengkapi layar smartphone-nya dengan teknologi tertentu, yang bergantung kepada segmentasi produk itu sendiri. Sebagai komparasi, smartphone entry level yang menggunakan layar IPS LCD sebenarnya sudah memiliki kualitas sudut pandang yang baik, tapi membuat boros baterai, sedangkan teknologi diatasnya seperti Retina, LED dan AMOLED punya kualitas yang lebih baik, lebih irit dan kaya warna.

Memori

Bigger is better… Dalam urusan memori (RAM dan penyimpanan data) memang lebih baik jika kapasitasnya besar. Untuk saat ini ukuran terkecil dimana kita bisa menyimpan data dan aplikasi dengan leluasa adalah 16GB, sedangkan ukuran ideal untuk RAM minimal 2GB.

Perhatikan juga jenis penyimpanannya. Pada beberapa jenis smartphone memang dibuat untuk tidak mendukung penyimpanan eksternal, yang artinya kita tidak bisa menambah kapasitas memori.

Daya Baterai

Untuk penggunaan normal baterai 2200 mAh sudah bisa tahan 8 hingga 10 jam, namun jika sering digunakan untuk aktifitas yang memakan sumber daya baterai (internet, gaming dan memutar video) pilihlah yang berkapasitas 3000 mAh keatas.

Smartphone high-end ke atas biasanya memiliki fitur tambahan pada baterai, seperti teknologi fast charging (kemampuan mengisi ulang secara cepat) dan wireless charging (kemampuan mengisi daya tanpa kabel)

OS

Jika berbicara operating system (OS) dalam perangkat mobile maka perhatian kita akan tertuju pada dua nama, yaitu Android dan IOS, walaupun sebenarnya ada beberapa OS lain (Tizen, Windows Mobile dll) namun mereka tidak memiliki market dukungan pengembang dan aplikasi yang banyak seperti Android dan IOS

Fitur

Pada dasarnya dengan fungsi yang standar sebuah martphone sudah bisa berjalan dengan normal, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang bertambah maka fitur tambahan seperti waterproof, VR, fingerprint scanner dan yang lainnya bisa jadi nilai plus.

Umumnya fitur-fitur terbaru tersebut hanya hadir pada smartphone high-end dan flagshp. adapun yang harus diperhatikan adalah kualitas dan kinerja fitur tersebut berdasarkan review di internet, terlebih jika fitur-fitur tersebut hadir di smartphone kelas menengah.

Harga

Apapun pilihan smartphone-nya kalau soal harga semua orang pasti ingin yang terbaik alias paling murah. Nah, supaya mendapatkan harga terbaik rajin-rajinlah mencari perbandingan harga, promosi dan diskon potongan harga dari toko ataupun pihak ketiga penyelenggara promosi tersebut.

Tips tersebut akan lebih mudah jika dilakukan secara online dengan bermodalkan mesin pencari, tapi jika ingin cara yang lebih praktis dan hemat waktu informasi semacam itu bisa dicari melalui portal web yang secara khusus menyediakan referensi harga HP